Udang Amano yang rajin memakan algae

udang amano
udang amano

Udang Amano yang rajin memakan algae ini dikenal dengan nama Japonica Amano Shrimp, atau Amano Shrimp dan telah mendapatkan popularitas karena nafsu makan yang besar untuk semua jenis algae air tawar. Udang Amano juga akan mengkonsumsi sisa makanan ikan dan detritus di dasar akuarium, membuat  udang amano pembersih yang efisien yang juga sangat menarik untuk dilihat berada didalam aquascape. Amano Shrimp sebagian besar berwarna coklat buram dan dengan garis cokelat yang membentang dari belakang dan pada sisi mereka, ada banyak garis horizontal putus-putus.

Sejarah Udang Amano

Amano Shrimp juga dikenal sebagai Yamato Numa-Ebi, atau Udang Jepang Rawa dan berasal dari rawa Jepang. diperkenalkan ke akuarium hobi di Amerika sekitar tahun 1994 oleh Takashi Amano . Takashi Amano, penulis The Nature Aquarium dan sekaligus seorang penghobi aquarium tanaman, menulis dalam bukunya tentang efektivitas udang Amano dalam mengendalikan Alga di Aquarium tanaman atau aquascape. Setup ideal untuk udang amano adalah akuarium air tawar dengan banyak tempat persembunyian dan dengan substrat yang sudah mature.  Amano Shrimp harus ditempatkan dengan ikan kecil yang damai agar tidak ada yang menimbulkan ancaman memakannya.  Amano Shrimp dapat mentolerir tingkat salinitas rendah hingga menengah, dan membuat mereka menjadi pengendali algae yang ideal untuk kolam dan taman air di daerah beriklim trofis.

Amano Shrimp Breeding

Amano Shrimp sangat sulit untuk berkembang biak, dan sangat sedikit sekali penghobi yang telah mampu mengembang biakan larva hingga tingkat dewasa. Tidak seperti Red Cherry Shrimp yang bisa berkembang biak didalam aquascape dari mulai kecil hingga dewasa tetapi Udang Amano menetas sebagai larva dan Larva ini membutuhkan air garam untuk tumbuh metamorfosis dan menjadi udang air tawar lagi .Rentang hidup rata-rata Udang Amano adalah 2 sampai 3 tahun di penangkaran.

Advertisement

Caridina japonica merupakan omnivora yang akan mengkonsumsi algae, detritus dan sisa makanan. Jika makanan tidak cukup, bisa mamasukan suplemen makanan seperti pelet.

udang amano
Caridina japonica

Nama ilmiah: Caridina multidentata
Nama ilmiah lainnya: Caridina japonica
Common Name: Amano Shrimp
Nama umum lainnya:  Japanese Swamp Shrimp, Yamato Numa-Ebi, Algae Shrimp
Asal: Asia Tenggara
Ditemukan di alam liar: Ya


PH Range: 6,5-8,0
Rentang Suhu: 70 – 80 F
Hardness Range: 3 – 10 DKH
Life Span: 2-3 tahun
Kehamilan Periode: 30 hari Ideal pH: 7.2
Suhu yang ideal: 75 F
Ideal Kekerasan: 8 DKH
Ukuran: 1-2 inci
Diet: Omnivora

diterjemahkan dari theshrimpfarm.com dan liveaquaria.com