Ludwigia Sedoides th

Ludwigia Sedoides

 Floating Plant / 157 views

Ludwigia ini dengan daun rosulatenya mengambang diatas air berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, di mana Ludwigia Sedoides tumbuh di perairan diam atau zona sungai dengan arus yang sangat tenang. Hal ini memiliki kemiripan yang mencolok dengan water caltrop (Trapa natans) meskipun tidak ada hubungannya. Ludwigia sedoides adalah tanaman kolam yang sangat umum di iklim hangat atau kolam di konservatori. Untuk Budidaya di akuarium akan sedikit lebih rumit. Spesies ini dikenal sebagai “mosaic plant” di beberapa daerah yang berbahasa Inggris.

Pertama dan terpenting, Ludwigia sedoides membutuhkan banyak cahaya (0,75 watt per liter dan lebih, atau sinar matahari langsung). Ekstremnya kekurangan cahaya membuat tanaman ini sulit untuk tumbuh terutama di akuarium. Membudidayakan diluar ruangan kadang-kadang satu-satunya solusi untuk mencapai pertumbuhan yang memuaskan pada spesies ini. Selain itu juga membutuhkan pasokan nutrisi yang baik dari makro dan mikro. kondisi yang optimal bisa menyebabkan tanaman ini menghasilkan bunga berwarna kuning.

Ludwigia sedoides diperbanyak dengan cara memotong roset yang mengambang. Sepotong batang harus tetap di roset. Bagian utama dari batang yang tersisa di dalam aquarium. Sebuah roset baru akan mengembangkan di atasnya setelah beberapa saat. Meskipun dalam layout aquascape penggunaanya sangat terbatas, tanaman ini dengan keunikan warna kemerahan yang mengambang seperti mawar sangat cocok untuk decorasi kolam dan mungkin juga dalam paludarium.

  • Family: Onagraceae
  • Genus: Ludwigia
  • Tingkat Kesulitan: Mudah
  • Kebutuhan Cahaya: Tinggi
  • Ukuran: 10-15 Cm
  • Pertumbuhan: Cepat