Penyebab Terjadinya Algae Pada Aquascape

algae
algae

Kalau kita baca di dalam wikipedia.org Alga (jamak Algae) adalah sekelompok organisme yang tidak memiliki organ seperti yang dimiliki tumbuhan (akar, batang, daun, dan sebagainya). Karena itu, alga pernah digolongkan pula sebagai tumbuhan bertalus. Dalam aquascape sendiri kita sering menemukan berbagai algae apalagi untuk aquascape yang masih tergolong baru. Algae sering terjadi disini karena ekosistem pada aquascape baru belum stabil. saya yakin setiap aquascaper pernah mengalami bertemu dengan algae di aquascapenya. lalu apa yang menjadi penyebab terjadinya algae pada aquascape

algae
penyebab terjadinya algae pada aquascape

penyebab terjadinya algae pada aquascape

Hampir semua yang terjadi pada aquascape yang menjadi  Penyebab terjadinya algae adalah adanya ketidak seimbangan sebuah sistem atau bahan pendukung dalam aquascape, bisa diakibatkan tidak seimbangnya karena keurangan atau kelebihan dari bahan pendukung tersebut. Yang umumnya terjadi penyebab pertumbuhan algae pada setup aquascape adalah:

  • CO2

    CO2 sebagai salahsatu sumber bagi tanaman untuk berphotosintesis sangat penting sekali untuk tanaman termasuk algae. Kadar CO2 terlarut dalam air yang tidak stabil dapat menyebabkan algae tumbuh dengan subur, hal ini disebabkan karena algae tidak membutuhkan kadar CO2 yang tinggi untuk tumbuh. Apalagi bagi yang mengandalkan DIY CO2 sebagai sumber CO2 untuk aquascape nya sangat rentan terkena algae. karena gas yang dihasilkan dari DIY CO2 tidak stabil. Sehingga, beberapa orang sukses mengurangi jumlah algae dalam aquascape mereka hanya dengan meningkatkan kadar CO2 terlarut dalam air, atau pun pemberian liquid carbon secara rutin.

  • Nutrisi

    Ketidak seimbangan nutrisi dalam aquascape juga dapat menyebabkan munculnya berbagai macam jenis algae, baik itu terlalu tinggi fosfat, nitrat, atau pun sebaliknya, yakni kekurangan fosfat. Karena pada saat tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik akibat dari ketidakseimbangan nutrisi, maka algae pun akan datang menyerang.

  • Pencahayaan

    Sepertihalnya dialam bebas , tanaman memiliki batas dalam mengkonsumsi pencahayaan untuk melakukan fotosintesa. Apabila pencahayaan dilakukan terlalu lama, maka pencahayaan menjadi tidak dipakai secara maksimal yang berbuntut pada pertumbuhan alga, atau bahkan kapasitas pencahayaan yang terlalu tinggi, tapi tidak diikuti dengan pemberian nutrisi yang cukup. Seperti pada alam aslinya sumeber cahaya bagi tanaman yaitu matahari, hanya bersinar kurang lebih 12 jam saja dan itu pun dengan tipe pencahayaan yang berbeda pula pada setiap waktunya. Untuk itu pencahayaan pada aquascape juga perlu diatur agar tidak terlalu berlebihan ataupun malah kurang karena dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan terjadi.

sumber:indoaquascape.com

Advertisement