Mengenal Tanaman Sirih Gading Yang Memiliki Banyak Manfaat

Berbicara mengenai tanaman yang saat ini tengah populer. Maka tanaman sirih gading adalah salah satu diantaranya. Tahukah kamu saat ini sirih gading banyak di inginkan banyak orang apalagi bagi mereka yang menyukai tanaman hias? Hal itu karena sirih gading memiliki bentuk yang cantik dan juga memiliki banyak manfaatnya. Itulah faktor utama kenapa tanaman ini banyak diburu pada pecinta tanaman.

Nah, kali ini saya akan membahas mengenai beberapa manfaat, jenis dan juga ciri dari tanaman sirih gading berikut ini.

Manfaat Sirih Giding

Tanaman sirih gading dikenal sebagai salah satu jenis tanaman hias yang memiliki manfaat bisa membuat udara menjadi bersih dan dapat menyerap racun yang bertebaran disekitar rumah. Dengan keunggulan itulah, tamanan ini termasuk salah satu jenis tanaman indoor atau dapat disimpan didalam ruangan.

Advertisement

Sirih gading mampu menyerap zat-zat berbahaya disekitar rumah kita. Seperti bekas sisa cat tembok, polusi dari kendaraan yang mungkin masuk dalam rumah, beberapa alat elektronik, atau wadah-wadah plastik.

Apabila kamu menyimpan sirih gading didalam rumah ataupun diluar rumah, kamu dapat memperoleh udara yang lebih segar setiap hari. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya yang perlu kamu ketahui :

  1. Dapat Menyerap Racun Yang Berbahaya

Seperti yang tadi saya jelasnya sebelumnya, manfaat pertama yang ada pada tanaman ini yaitu bisa menyerap zat-zat berbahaya. Misalnya cat tembok, atau beberapa peralatan rumah tangga lainnya.

Tidak hanya itu saja, sirih gading pun dapat menyerap racun berbahaya lainna. Seperti pewangi ruangan, semprotan nyamaun, dan beberapa perabotan lainnya. Dengan kemampuan itulah, kamu dapat  memperoleh ruangan yang lebih sejuk karena oksigen yang kita hirup menjadi lebih sehat.

  • Membuat Suasa Hati Menjadi Lebih Tenang

Kehadiran tanaman sirih ganding di sekitar rumah akan membuat pikiran dan suasana hati menjadi lebih tenang. Dengan begitu produktivitas kerja kamu akan semakin meningkat.

Dengan kondisi udara yang bersih, maka akan berpengaruh terhadap suasana hati kita. Sehingga kita tidak akan lagi stress dan tentu kerjaan yang sedang kita kerjakan pun akan lebih mudah kita kerjakan.

Beberapa Jenis Sirih Ginding

Bagi para pecinta tanaman hias mungkin sudah mengetahui salah satu jenis tanaman gantung berbentuk hati ini iya kan? Ya, sirih ganding merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati karena bentuknya yang cantik dan juga memiliki berbagai jenis warna yang beragam. Tidak sedikit orang yang menggunakan tanaman ini sebagai pelengkap untuk mempermanis rumah dan dijadikan sebagai tanaman gantung. Berikut ini adalah beberapa jenis sirih ginding yang bisa melengkapi koleksi tanaman hias kamu:

  1. Marble Queen Pothos

Jenis pertama yaitu marble queen pothos yang berasal dari daratan tropis dan masih menjadi bagian keluarga Araceae. Ciri dari jenis ini yaitu mempunyai daun yang hijau dengan corak yang berwarna putih. Jika usia tanaman ini sudah matang, tanaman ini dapat tumbuh sampai dengan 3 kaki.

Jika kamu tertarik ingin merawat tanaman ini dirumah, kamu bisa meletakkannya diruangan dengan cahaya yang sedang. Disamping itu, marble queenn pothos juga dapat tumbuh dengan subur walaupun kamu menyimpannya dengan cahaya yang rendah. Misalnya didalam kamar mandi.

Apabila kamu mendapati daunnya berwarna kekuningan, hal itu menunjukkan suhu udara di sekitar tanaman terlalu dingin dan intensitas airnya rendah. Dengan begitu kamu perlu rutin menyiram tanaman tersebut dan juga meletakannya di suatu tempat yang memilliki suhu lebih hangat.

  • Jade Pothos

Jenis kedua sirih gading yaitu Jade Pothos. Pada ini merupakan jenis tanaman yang tidak terlalu sulit merawatnya apabila dibandingkan dengan jenis sirih ganding lainnya.

Asal mula tanaman ini dari daratan polynesia. Jenis Jade Pothos dapat ditemukan pada dataran tropis. Dimana jade pothos mempunyai bentuk daun seperti hati dengan warna hijaunya yang gelap pekat.

Jade pothos bahkan sering dijadikan sebagai tanaman hias yang banyak digantung pada banyak teras rumah. Jika kamu ingin merawatnya, kamu harus memastikan dulu sudah menyimpannya dengan cahaya yang sedang, dan bukan cahaya matahari yang mengenai tanaman ini secara langsung.

  • Cebu Blue Pothos

Jenis ketiga yang bisa mengiasi rumah kamu yaitu jenis cebu blue pothos. Jenis ini dapat kamu simpan baik didalam ruangan ataupun diluar ruangan. Ciri dari tanaman cebu blue pothos ini yaitu mempunyai bentuk oval dan warna daun yang lebih menarik. Cebu Blue pothos memiliki tingkat adaptasi yang sangat baik.

Untuk merawatnya kamu dapat menyimpannya pada tempat dengan intensitas sedang dan bisa menyiramnya setiap hari. Kamu bisa meletakkan tanaman ini pada polybag dengan tanah yang juga baik. Saat pemberian pupuk, kamu dapat memberikannya dua kali setiap bulan.

  • Manjula Pothos

Jenis selanjutnya yaitu manjula pothos. Jenis tanaman ini memiliki tampilan yang begitu menarik. Perpaduan warna daun yang berwarna hijau dan juga putih membuat semakin menawan ketika dilihat.

Selain tampilannya yang menawan. Manjula pothos juga memiliki manfaat yang berguna bagi kita. Sama seperti jenis tanaman sirih ganding lainnya, manfaat manjula photos pun bisa dijadikan sebagai tanaman penyaring udara jahat didalam ruangan. Tanaman ini sangat cocok di simpan pada ruangan dengan cahaya yang rendah sampai dengan sedang.

  • Satin Pothos

Asal mula tanaman ini yaitu di Asia di bagian selatan dengan ciri daun yang juga berbentuk hati yang berwarna silver dengan kombinasi warna putih, dan hijau. Satin pothos atau dengan nama lain scidapsis pictus argyraeues dapat hidup pada ruangan dengan insentitas cahaya yang sedang.

Cara merawatnya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiramnya apabila tanaman ini terlihat sudah mudah kering. Hal ini  karena satin pothos malah akan mati jika terlalu memiliki banyak air. Suhu yang paling cocok untuk tanaman ini yaitu sekitar 14-24 celcius.

Ciri Sirih Gading

Karakteristik dari tanaman sirih gading yang paling terlihat yaitu daunnya yang memiliki ukuran kecil. Sedangkan bentuk pangkal daunnya yaitu bundar. Dengan dibagian ujung yang stunya lagi runcing.

Tanaman ini merupakan jenis tanaman merambat yang secara umum memiliki daun hijau, kekuningan, atau putih.

Dibagian batang siring gading ini begitu ramping, sehingga tidak akan kaku dan bisa tumbuh sampai 20 meter. Apabila kamu meletakkannya di pekarangan, tanaman ini dapat merambat mengelilingi pohon bahkan menjalar sampai ke dinding rumah. Namun jika kamu meletakknya di atas pot, maka akan tumbuh kebawah sehingga sangat cantik terlihat.

Sebetulnya sirih gading merupakan jenis tanaman hias yang bisa membuat rumah menjadi lebih cantik sekaligus terlihat lebih asri saat dipandang. Jika kamu meletakknya didalam ruangan, kamu bisa menanamnya pada pot gantung. Lalu kamu dapat menggantungnya pada suatu tihang. Namun jika kamu meletakknya diluar rumah, kamu dapat membiarkan tanaman ini merambat dipagar ataupun dinding rumah sehingga membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik.

Demikianlah ulasan saya kali ini mengenai serba serbi tanaman siring gading. Nah, setelah mengetahui manfaat tanaman ini tentu tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak merawatnya iya kan? Selamat mencoba.