Membuat aquascape gaya belanda

dutch syle aquascape

Ada dua gaya aquascape favorite yang saat ini mendominasi dunia akuarium air tawar: yaitu gaya natural dan gaya Belanda. Dari kedua gaya tersebut, gaya aquascape Belanda adalah yang tertua, gaya ini sudah populer sejak 1930-an di Belanda.

Membuat aquascape gaya belanda

Gaya Belanda tidak mengharuskan penggunaan kayu, batu dan bahan hardscape lainnya. Fokus utama ditempatkan pada pertumbuhan dan penataan tanaman air. Secara tradisional, Gaya Belanda merupakan sebuah kebun di bawah air. Namun, yang bedakan dari gaya natural, gaya belanda ini tidak dimaksudkan untuk menyerupai biotope tertentu. inti dari gaya belanda ini adalah penempatan yang rumit dalam pengelompokan tanaman sehingga menciptakan perspektif yang mendalam dalam akuarium yang saling melengkapi satu sama lain dalam bentuk dan warna.

dutch style aquascape

Advertisement

Kebutuhan yang paling penting bagi aquascapers yang ingin mendekati gaya Belanda adalah memiliki pengetahuan yang luas mengenai tanaman air. Karena mereka mewakili bahan utama yang digunakan dalam aquascaping gaya belanda, sangat penting untuk mengetahui cara menanam, kelompok dan menggabungkan mereka sehingga susunan akhir akan menjadi estetis menyenangkan untuk mata. Aquascape gaya belanda yang paling bagus adalah yang ditandai dengan kepadatan tinggi, kaya kontras dan penggunaan berbagai warna dan tekstur.

Desain dan tata letak teknik yang perlu diterapkan pada Aquarium Belanda

Teknik yang paling umum digunakan ketika membangun gaya aquascape Belanda adalah terasering, karena ini adalah yang paling optimal ketika untuk menciptakan kedalaman menggunakan tanaman. Terasering sangat efisien dalam menciptakan dan menekankan titik fokus dengan bantuan rules of third. Dengan aquascape Belanda, titik fokus biasanya ditekankan oleh penggunaan tanaman merah atau tanaman yang besar.

dutch syle aquascape

Dalam aquascape gaya belanda , menjaga rasa harmoni dan kesederhanaan sangat penting, dengan mempertimbangkan bahwa dalam gaya ini diperlukan penanaman yang sangat padat. Lebih dari 70% dari akuarium harus ditanam.

Kontras merupakan elemen kunci dalam gaya aquascaping Belanda, karena hal ini sangat penting ketika aquascape sudah mulai padatan. Tanaman yang tumbuh dalam kelompok dan sangat kontras dipastikan akan menjadi focus utama oleh karena itu harus kita perhatikan dalam penggunaan variasi warna, tinggi daun dan tekstur. Ruang antara kelompok tanaman harus digunakan secara bijak juga, karena ini menciptakan jalan-jalan imajiner dan jalur, membantu dengan perspektif yang mendalam.