Manfaat Tersembunyi Penggunaan Batu Lava Pada Aquascape

Batu Lava Hitam

Batu Lava (Lava rock) yang terbentuk dari panasnya  gunung berapi memiliki banyak manfaat tersembunyi untuk akuarium yang kebanyakan para penghobi bahkan tidak menyadarinya. postingan blog kali ini saya mencoba menjelaskan  tentang Manfaat Tersembunyi dari Penggunaan Batu lava yang mudah-mudahan bisa memberikan wawasan tentang bagaimana batu ini benar-benar membantu ekosistem pada aquascape.

Batu Lava Hitam
Batu Lava Hitam

Apa manfaat dari pengunaan Batu Lava?

Lava Rock sangat sempurna sebagai media lingkungan hidup yang ideal untuk akuarium, karena memiliki bakteri denitrifikasi menguntungkan. Bakteri ini akan meningkatkan kualitas air dengan mereproduksi dan kemudian menghapus nitrat.

Bagaimana cara kerjanya?

Anda hanya perlu memeriksa batu Lava yang digunakan dengan cukup memperhatikan lubang-lubang kecil yang ada pada batu tersebut sehingga bisa dikatakan batu ini sangat berpori  memungkinkan bagi air untuk masuk melewati dan menyebar ke dalam batu.  Lalu apa Manfaat Tersembunyi dari Batu Lava  benar-benar berarti? Lingkungan anaerobik dibuat di dalam batu sebagai bakteri nitrifikasi menguntungkan mengkonsumsi semua oksigen di dalam air. Dalam lingkungan anaerobik ini di dalam batu, bakteri denitrifikasi mengkonsumsi nitrat dan menghasilkan oksigen dan nitrogen. Kita semua tahu bagaimana nitrat dalam akuarium adalah kabar buruk bagi ikan dan udang sehingga Batu Lava adalah cara yang paling alami dan terbaik untuk menghilangkan nitrat.

Advertisement

Lava adalah batuan yang menarik  dan memiliki tekstur sehingga bukan hanya itu saja keuntungan menggunakan Batu Lava, tetapi juga bisa dipakai untuk mempercantik layout juga.  Lava Rock terlihat sangat alami dan bisa ditumpuk dengan sangat baik. Hal ini sangat fleksibel dan Anda bisa mencoba berbagai kreasi dengan potongan-potongan yang berbeda dan menciptakan berbagai bentuk dan konstruksi.  Seperti banyak contoh Batu Lava ini banyak digunakan untuk kontruksi Air terejun  atau untuk membuat Gua dan membuatnya menjadi perlindungan sempurna untuk ikan tertentu dan udang.

Aquascape dengan Lava Rock
Sumber AGA Contest 2011 : Aquascape dengan Lava Rock

Terutama udang suka mencari makan di sekitar Lava Rock ini . Mencari potongan-potongan makanan yang mungkin telah jatuh ke dalam pori pori batu. Selain itu udang juga ingin memiliki tempat yang aman untuk bersembunyi ketika mereka merasa terancam jadi mereka bisa bersembunyi diantara sela-sela batu.