Manfaat Daun Kelor Yang Tidak Di Sangka-sangka Bisa Begini, Bahkan Bisa Mencegah Virus Corona

Daun Kelor Keseahatan

Seperti yang kita ketahui virus corona merupakan jenis virus baru yang juga dikenal dengan COVID-19. Virus ini membuat seluruh dunia menjadi panik termasuk di Indonesia. Berbagai cara dilakukan supaya tidak terpapar akan virus corona tersebut. Tidak sedikit yang mengkonsumsi berbagai jenis ramuan tradisional yang berasal dari tumbuhan tertentu. Hal tersebut supaya anti body menjadi meningkat, sehingga bisa terhindar dari virus corona.

Nah, tahukah kamu jika daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang saat ini banyak dicari karena dipercaya dapat menghindarkan kita dari virus corona? Namun bukan hanya dapat menangkal virus corona saja, kita dapat memperoleh manfaat lain dari daun kelor tersebut. Penasaran dengan manfaat lain ketika mengkonsumsi tanaman ini? Yuk,  langsung kita simak ulasannya.

Daun Kelor Moringa leaves

Beberapa Keuntungan Tanaman Daun Kelor

Berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat tanaman daun kelor bagi kesehatan dan juga kecantikan:

Advertisement
  1. Mengatasi Stress

Setiap manusia pasti memiliki masalah. Setiap masalah yang muncul tidak jarang membuat stress. Mungkin karena masalah tekanan pekerjaan, bisa karena hubungan asmara, atau masalah lainnya.

Jika kamu sedang dalam kondisi seperti itu, kamu bisa memanfaatkan daun kelor karena dipercaya bisa membuat seseorang menjadi lebih rileks. Kenapa daun kelor dapat meredakan stres? Hal tersebut karena daun kelor memiliki kandungan asam amino triptofan yang dipercaya bisa menghilangkan stress.

Apabila stress kamu sudah mereda, tubuh pun akan terasa lebih bugar dari sebelumnya. Sehingga kamu bisa kembali menjalani aktivitas dengan lebih sehat.

  •  Dapat Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Selain bisa menghilangkan stress. Manfaat kedua daun kelor yaitu dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Nah, apakah kamu pernah menduga jika daun kelor ternyata dapat mengatur kestabilan kolesterol dan juga bisa menjaga tekanan darah?

Kamu tidak perlu aneh, sebab daun kelor memiliki kandungan zat hiocarbamate glikosida dan juga nitrile. Dimana kedua zat tersebut dapat menurunkan tekanan darah.

  • Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat ketiga daun kelor adalah dapat menyehatkan pencernaan. Daun ini merupakan daun yang ramah terharap percernaan, karena memiliki serat dengan kalsium yang tinggi. Oleh karena itu, pencernaan kamu akan lebih lancar,dan secara otomatis tubuh kita akan terhindar dari kelebihan berat badan. Hmm.. cocok buat kamu yang sedang menjaga berat badan ya kan dear?

  • Kaya Akan Antioksidan

Kenapa daun kelor memiliki manfaat antioksidan? Sebab dalam daun kelor mempunyai berbagai jenis senyawa yang dapat menangkal penuaan dan dapat menurunkan tingkat stres. Hal itu juga di dukung dengan beberapa jenis senyawa yang terkandung didalam daun kelor. Seperti : vitamin C, polifenol, beta karoten, asam kloregenat, dan juga quercetin.

Beberapa senyawa yang risa sebutkan tadi bisa bermanfaat untuk menurunkan resiko beberapa penyakit kronis, seperti : kanker usus besar, diabetes, hipertensi, sakit paru-paru, sakit mata karena usia, dan juga sakit perut karena sembelit.

  • Bisa Memproduksi Air Susu Ibu Lebih Banyak

Banyak orang yang menyarankan khususnya untuk menyusui untuk mengkonsumsi daun kelor, apalagi jika si ibu memiliki kendala dalam memproduksi air susu untuk bayinya. Hal tersebut sudah benar lho dear.

Pada daun kelor memiliki kandungan protein, vitamic C, zat besi dan juga terdapat senyawa flavonoid yang bisa membantu memproduksi air susu ibu atau ASI menjadi lebih banyak. Namun tidak hanya banyak, kandungan ASI juga menjadi lebih berkualitas.

Daun Kelor Obat

Dengan kandungan zat besi lebih dari 20 kali lipat yang lebih banyak dari bayam, maka daun kelor sangat disarankan untuk ibu menyusui. So, tidak perlu khawatir lagi kekurangan ASI ya dear!

  • Mencegah Kanker

Pada suatu jurnal yang dikeluarkan di tahun 2011 pernah menyebutkan bahwa daun kelor bisa menjadi obat anti kanker. Dengan banyaknya senyawa baik yang terkandung dalam tanaman daun kelor tersebut diyakini bisa mematikan sel kanker yang sedang berkembang didalam tubuh.

Oleh karena itu, sebaiknya kita meminum ekstra daun kelor supaya bisa mencegah sel kanker berkembang. Dengan mencegah penyakit kanker, maka kita dapat menghindari penyakit tersebut. Seperti yang kita ketahui mencegah lebih baik dari pada mengobati iya kan?

  • Menjaga Kesehatan Otak

Dengan senyawa antioksidan yang terdapat didalam daun kelor. Hal tersebut pun diyakini bisa menjaga kesehatan otak dan dapat mendukung peran kognitif. Oleh karena itu, aktivitas otak menjadi lebih maksimal.

  • Menjaga Kecantikan Kulit Alami Wajah

Manfaat selanjutnya yaitu daun kelor juga bisa lho dear buat menjaga kecantikan kulit wajah kita. Caranya juga mudah. Kamu bisa membuat masker daun kelor dengan memilih daun yang masih segar dan muda ya. Ingat daunnya saja ya? Rantingnya tidak perlu digunakan lho. Hehe

Selanjutnya haluskan daun kelor yang masih muda tersebut dan kamu dapat menambahkan air sedikit sampai terlihat seperti seperti pasta.

Terakhir, usapkan merata pada muka. Kecuali sekeliling mata dan mulut sebagai masker wajah. Pasta daun kelor ini akan tahan disimpan didalam lemari es selama 3 hari.

  • Antibakteri / Anti Kuman

Para ahli menyebutkan jika dalam daun kelor memiliki kandungan antibakteri. Dengan adanya senyawa antibakteri inilah, maka daun kelor bisa mengambat pertumbungan sel berbahaya yang ada dalam tubuh  kita. Dengan begitu, tubuh kita akan semakin sehat dan tidak mudah terserang oleh penyakit.

  1. Mencegah Timbulnya Jerawat

Seperti yang tadi Risa sebutkan, pada daun kelor memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Dengan tingginya kandungan vitamic C tersebut sangat penting untuk kesehatan kulit kita dan itulah alasan daun kelor dapat mencegah timbulnya jerawat.

  1. Mengurangi Radang

Dalam suatu penelitan yang juga pernah di publikasikan pada salah satu jurnal yang bernama journal Intergrative Medicine menyebutkan jika daun kelor bisa membantu mengurangi peradangan atau rasa sakit dengan bentuk arthritis yang dapat berkurang dengan signifikan.

  1. Menguatkan Tulang

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan dari daun kelor yaitu bisa menguatkan tulang. Apabila kamu memiliki masalah pada tulang, daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai solusi terbaik.

Pada daun kelor memiliki kandungan kalsium yang tinggi, dan juga kandungan vitamin K serta protein yang banyak. Dengan beberapa senyawa tersebut, maka dapat dipastikan jika kesehatan tulang kamu akan lebih terjaga dan menghindari penyakit pengeroposan tulang.

Nah, itulah beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan dan juga kecantikan yang begitu banyak. Bagaimana, apakah kamu pernah menduga manfaat daun kelor yang begitu banyak sebelumnya? Wah, ternyata daun kelor dapat mencegah kanker ya dear.