Ikan Hias Air Tawar Termahal di Dunia

Ikan Hias Air Tawar Termahal Discus

Hobi adalah sebuah kegiatan yang bersifat rekreasi untuk menenangkan pikiran. Banyak sekali manfaat apabila kita menyalurkan hobi kita, salah satunya menghilangkan stress. Maka tidak heran orang-orang rela mengeluarkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah hanya untuk menyalurkan hobi meraka. Hobi Ikan hias contohnya. Hobi merawat ikan hias didalam aquarium ini memang meyenangkan dan tidak membutuhkan uang yang banyak untuk menjalankan hobi ini. Tapi untuk sebagian orang itu saja tidaklah cukup. Diperlukan sesuatu hal yang unik yang tidak umum dimiliki para penghobi lainnya. Sehingga sesuatu hal yang unik ini lah yang menjadikanya bernilai tinggi yang melahirkan Ikan Hias Air tawar termahal.

Ikan Hias termahal memang memiliki nilai jual yang sangat menguntungkan. Selain sebagai binatang peliharaan, merawat ikan ini juga bisa dijadikan lahan investasi. Maka tidak heran banyak orang yang beralih menekuni hobi ini. Daya tarik Ikan hias termahal ini memang sangat beragam dari mulai warna , corak, tingkah laku dll. Tetapi ada juga yang merawat ikan ini karena dipercaya bisa mendatangkan hoki atau keuntungan bagi pemiliknya.

Ikan hias air tawar termahal dan terindah

Ikan Arwana (Scleropages)

Ikan Hias Termahal Arwana
Ikan Arwana

Ikan hias Arwana memang pantas menjadi Ikan hias air tawar termahal yang bisa anda beli sebagai isi penghias aquarium dirumah anda. Harga yang sangat tinggi sebenarnya bukan disebabkan faktor ketersediaan atau kelangkaan, meskipun spesies Asia ini sebenarnya didalam PBB termasuk kedalam daftar ikan terancam punah tetapi alasan utamanya adalah karena keunikan dan keindahannya. Orang Cina menganggap ikan ini sebagai ikan yang berharga. Kehadiran Ikan Arwana dalam sebuah Aquarium menjadi simbolik karena mewakili kekayaan dan kemakmuran dan ikan Arwana ini sering dijumpai ditempatkan di tempat usaha oleh pemiliknya karena di percaya bahwa Ikan Arwana dapat membawa keberuntungan bagi mereka ketika ditempatkan dalam posisi yang benar.

Advertisement

Apapun keyakinannya, bagi mereka yang bahkan tidak memiliki sedikit pengetahuan tentang mitologi Cina sekalipun akan mempertimbangkan untuk mendapatkan ikan arwana untuk alasan khusus mereka sendiri dan kebanyakan orang akan mengatakan bahwa ukuran, bentuk dan gerakannya yang menarik perhatian mereka. Arwana juga dikenal dapat hidup dan bertahan untuk jangka waktu yang lama ( 20 tahunan) dan untuk menjadikan ukuran ikan Arwana mencapai ukuran maksimal itu tidak lah gampang tapi membutuhkan banyak kerja keras dan dedikasi. Seperti memberikannya makanan hidup yang terbaik, menjamin kualitas air yang bersih dan mereka memerlukan Aquarium berukuran besar untuk tumbuh berkembang dan lain sebagainya. Faktor-faktor ini bila dikombinasikan bersama-sama dan merangkumnya secara keseluruhan akan menjadi masuk akal bahwa mengapa mereka layak menjadi Ikan hias termahal terutama jika ukuran Ikan Arwana ini sudah matang atau maximal. Beberapa orang bahkan membudidayakan ikan ini untuk dijadikan lahan bisnis untuk dijual kembali dipasar lokal bahkan sampai di ekspor.

Ikan Koi

Ikan Hias Air Tawar Termahal Koi
Ikan Koi

Meskipun ikan Koi ini jika dilihat seperti ikan mas biasa namun siapa sangka ikan Koi bisa menjadi Ikan hias air tawar termahal. Melalui beberapa tahun pembiakan yang selektif telah menghasilkan ikan-ikan yang luar biasa dan menjadi ikan hias air tawar terindah dalam hal penampilan. Popularitasnya begitu luas tidak hanya di Asia saja melainkan jauh membentang ke seluruh dunia dari Asia ke Amerika termasuk Eropa. Selama bertahun-tahun, keturunan koi yang berbeda-beda terus dikembangkan dan banyak dari hasil perkembangbiakan tersebut yang berhasil merebut hati banyak penggemar dan menjadikan mereka sebagai salah satu ikan peliharaan favorit hingga saat ini. Jadi tidak aneh jika orang-orang yang bersedia membayar jutaan rupiah untuk Ikan Koi ini .

Koi dapat diklasifikasikan dan dikelompokkan berdasarkan klasifikasi buatan yang berbeda yang didefinisikan secara umum berdasarkan sifat skala dan pola warna. Pada dasarnya beberapa keturunan yang paling umum yang bisa anda jumpai di toko toko penjual ikan hias adalah Kohaku, Sanke dan Showa tetapi ada juga beberapa yang dianggap orang-orang sebagai varietas khusus yang harganya sedikit lebih mahal seperti hariwake, Bekko dan utsurimono. Umumnya tidak ada batasan untuk berapa banyak kolektor koi bersedia membayar dan berapa banyak ikan Koi tunggal yang bernilai tinggi karena umumnya itu semua tergantung pada faktor keinginan yang didasarkan pada bagaimana pola warna disusun untuk membentuk tanda khusus yang unik. Dengan demikian, tidak mengherankan jika menemukan ikan koi yang bagus Ikan hias termahal yang dijual hingga puluhan juta rupiah.

Ikan Discus

Ikan Hias Air Tawar Termahal Discus
Photo dari : gerberstropicalfish.com

Discus pada saat ini sudah sangat populer di kalangan penghobi Ikan Hias dan karena permintaan yang tinggi, spesies langka dan unik ini (kebanyakan albino) bisa dengan mudah menempati posisi sebagai Ikan hias air tawar termahal yang dibandrol dengan harga ratusan ribu rupiah. Meskipun saat ini popularitas mulai berkurang namun, Ikan Discus ini harga penjualan masih tetap setabil dan para penggemar Ikan discus tidak memiliki masalah untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkannya. Meskipun tidak semahal ikan arwana atau Ikan koi tapi, perbedaan harga penjualan ikan discus masih jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan penjualan ikan hias akuarium yang biasa dijual toko-toko ikan hias. Sebagian orang percaya bahwa nilai tersebut disebabkan karena ikan diskus yang sempurna sangat sulit didapat dan selalu ada standar penjurian yang berbeda diterapkan untuk setiap individu ikan.

Pola pada setiap diskus bisa sangat menakjubkan dan bahkan kombinasi warnanya sangat unik. Pada tahap selanjutnya, dibutuhkan pengalaman untuk benar-benar tahu bagaimana memberikan perawatan yang terbaik untuk ikan ini, untuk mengembangkan potensi sebenarnya yakni dari segi warna dan ukuran. dengan demikian, semua ini bisa menjadi alasan mengapa Ikan hias air tawar ini kadang-kadang digambarkan sebagai hobinya orang orang elit. Tetapi Jangan salah, ini hanyalah asumsi dari yang saya lihat meskipun saya tidak dapat memahami kebenaran sebenarnya di balik Ikan hias termahal ini. ikan yang bergerak lambat bisa bernilai begitu mahal.