Cara Merawat Micranthemum Monte Carlo

Micranthemum Monte Carlo

Penggemar Aquascape pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Micranthemum Monte Carlo. Micranthemum Monte Carlo adalah tanaman karpet atau foreground yang belakangan ini sedang sangat digandrungi, terutama oleh para pemula. Jenis tanaman ini bisa tumbuh dengan sangat mudah dan menutupi bagian dasar akuarium Anda dengan cepat. Dan yang terpenting, tanaman ini memiliki bentuk yang unik dan akan membuat akuarium Anda terlihat cantik tanpa memerlukan usaha keras.

Tentang Micranthemum Monte Carlo

Beberapa ahli berpendapat Micranthemum Monte Carlo berasal dari Eropa. Namun ada juga yang menyatakan tanaman ini berasal dari Asia dan bahkan Argentina. Perbedaan ini wajar terjadi karena Mihrantemum Monte Carlo cocok untuk tumbuh dalam kondisi apa pun juga.

Micranthemum Monte Carlo
Micranthemum Monte Carlo dari dekat

Tanaman ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan Hemianthus Callitrichoides “cuba”. Daunnya agak bulat dan sama-sama dapat tumbuh dengan lebat. Hanya saja, Micranthemum Monte Carlo jauh lebih mudah untuk dirawat sehingga para pemula yang menyukai tipe daun bulat, banyak beralih ke tanaman ini. Selain itu, Micranthemum Monte Carlo memiliki diameter yang lebih besar dibandingkan Hemianthus Callirichoides, sekitar empat milimeter, sehingga bagian dasar akuarium terlihat lebih padat jika Anda menggunakan tanaman ini.

Advertisement

Mengapa Micranthemum Monte Carlo Sangat Populer

Tanaman ini sangat populer karena perawatannya yang sangat mudah. Sebagai pehobi, banyak orang ingin memiliki tanaman yang tumbuh dengan cepat tanpa membutuhkan perawatan yang membingungkan. Tanaman ini memenuhi kriteria itu.

Jika Anda menanam Micranthemum Monte Carlo, Anda tidak perlu pusing dengan suhu udara, jumlah karbondioksida, cahaya maupun ukuran tangki akuarium. Tanaman akan membutuhkan tingkat karbondioksida yang tinggi. Namun, jika tangki akuarium Anda tidak memadai untuk itu, tidak perlu khawatir. Micranthemum Monte Carlo bisa tumbuh bahkan dengan cahaya dan jumlah karbondioksida yang rendah. Tanaman ini memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik. Itulah sebabnya biaya perawatannya sangatlah murah. Dan jika dirawat dengan baik, dapat hidup dalam waktu yang lama.

Micranthemum Monte Carlo
Micranthemum Monte Carlo didalam Aquarium

Cara Menanam dan Merawat

Cara menanam tanaman ini sangatlah mudah. Kalau Anda sudah berpengalaman menanam tanaman karpet, pasti hal ini tidak akan menjadi hambatan untuk Anda. Anda hanya perlu memotong rockwool hingga sekitar sepuluh milimeter. Rockwool ini berguna untuk mengikat air dan pupuk cair agar tanaman Anda tumbuh lebih sehat dan subur. Sesudah itu, bagi menjadi beberapa bagian dan tanam langsung ke atas substrat yang sudah ada di dalam akuarium.

Meskipun tanaman ini bisa tumbuh dalam kondisi apa pun, tidak berarti kita bisa mengabaikannya begitu saja. Kita tetap wajib merawat Micranthemum Monte Carlo dengan baik supaya akuarium kita tetap indah dan tanaman karpet ini tetap tumbuh dengan sehat.

Cara merawatnya sama sekali tidak sulit. Anda hanya perlu memangkas bagian atasnya secara teratur. Kalau Anda tidak melakukan ini, tanaman Anda akan semakin tinggi dan tanaman di bagian bawah lambat laun akan mati. Jika bagian bawah tanaman Anda mati, maka secara otomatis tanaman tersebut akan tercerabut dari substratnya. Selanjutnya, dapat dipastikan Anda akan kehilangan karpet indah akuarium Anda. Jangan lupa gunakan pompa sirkulasi untuk mendorong perputaran udara di dalam akuarium. Dengan cara ini, tanaman-tanaman di akuarium Anda akan mendapatkan nutrisi dengan rata.

Jadi, apa Anda tertarik untuk menghias akuarium Anda dengan Micranthemum Monte Carlo? Jika Anda seorang pemula di dunia Aquascape, Anda bisa belajar banyak hal dengan menggunakan tanaman karpet yang mudah dirawat ini.