Cara Menurunkan Suhu Aquascape

Thermometer

Sangat penting bagi kita untuk mengatur suhu atau temperatur air pada Aquascape untuk itu disini saya akan menjelaskan bagaimana cara menurunkan suhu aquascape agar suhu stabil dan bisa menghasilkan aquascape yang seperti kita harapkan. Dari beberapa artikel yang saya baca erat kaitannya antara Ikan Tanaman dan suhu.

Kebutuhan Suhu yang direcomendasikan :

  • Aquascape Murni : 18° C – 22° C
  • Aquascape dengan Ikan kecil : 22° C – 25° C
  • Aquascape dengan Discus : 28° C

cara menurunkan suhu aquascape

Dijaman pemanasa global saat ini tentu sangat sulit untuk mendapatkan suhu aquascape yang direkomendaiskan. Apalagi bagi yang berada di Kota Kota besar seperti jakarta tentu akan kusulitan mengatur suhu aquascapenya apabila tanpa dibantu dengan bantuan alat penurun suhu. Untuk saya sendiri saja yang berada di Kota Tasikmalaya Aquascape tanpa bantuan penurun suhu berada dikisaran 30° C sehingga perlu adanya sebuah alat yang bisa menurunkan suhu tersebut. Untuk saat ini Banyak Pilihan alat penurun suhu dari mulai yang murah yang bahkan kita bisa buat sendiri sampai dengan yang mahal. Lalu apa saja alat penurun suhu untuk aquasacpe :

Advertisement
  1. Chiller

Penggunaan chiller pada Aquascape sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki budget extra. Dengan menggunakan Chiller anda bisa menurunkan suhu dengan sangat drastis karena chiller ini sistem kerjanya sama seperti AC pada Ruangan. Udara Dingin akan disemportkan ke alilran Pipa dimana pipa tersebut dialiri air dari aquarium sehingga suhu air akan turun setelah melewati chiller. Pemakaian Chiller sangat direkomendasikan untuk penggunaan dikota kota besar dengan suhu yang panas.
Kelebihan menggunakan Chiller :

    • Penguapan Air Sedikit sekali bahkan hampir tidak ada
    • Penurunan suhu yang signifikan antara 4°C – 6°C

Kekurangan :

    • Harga yang cukup mahal
  1. Dengan Kipas (Fan)

Selain dengan Chiller kita juga bisa menurunkan suhu dengan bantuan Kipas (Fan) dan Karena harganya sangat jauh berbeda dengan chiller banyak orang yang menggunakan alat ini dan dari beberapa orang yang menggunakan Kipas rata-rata kipas ini bisa menurunkan suhu 2°C – 3°C tergantung dengan suhu ruangan juga. Untuk Kipas aquascape anda bisa membeli nya secara langsung seperti produk aquascape lainnya, namun bagi anda yang kreatif anda bisa membuat sendiri dengan memakain Kipas CPU yang banyak dijual di Toko Toko Komputer atau Toko Electronik. Kelebihan menggunakan kipas:

    • Harga Lebih murah bila dibandingkan dengan Chiller

Kekurangan :

    • Penguapan Air terjadi dengan cepat
  1. Dengan Es Batu

Penurunan Suhu dengan menggunakan Media Es Batu juga dinilai cukup efektif dalam menurunkan suhu aquascape. Dan cara nya sangat mudah bahkan tidak perlu mengerluarkan biaya. Caranya cukup mudah anda tinggal sediakan media air seperti bekas botol air mineral atau kantong plastik kemudian masukan ke Mesin Pembeku. Buat lah dua atau tiga botol untuk cadangan apabila air dalam media tersebut sudah membeku tinggal dimasukan ke dalam aquarium. Setelah air didalam botol mencair silahkan lakukan penggantian yang sebelumnya telah kita siapkan dan begitu seterusnya