Cara Menumbuhkan Moss Agar Tumbuh Maksimal

Cara meumbuhkan moss aquascape secara maksimal

Cara meumbuhkan moss aquascape secara maksimalLumut air bisa menjadi tanaman air yang paling indah jika ditanam dengan benar dan diberi lingkungan yang tepat. Daun yang tipis dengan berbagai bentuk dan konfigurasi dapat menambah tekstur dan detail untuk jenis aquascape apapun. Salah satu aspek yang unik dari lumut air atau lebih dikenal dengan sebutan moss dikalangan penghobi ini adalah penampilan mereka memberikan kesan natural dan tua. Saat ini banyak tersedia berbagai jenis moss dari mulai Javamoss , peacock moss dll. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan hasil maksimal dari tumbuhan moss ini:

Moss Menyukai Cahaya

Meskipun moss dapat bertahan di dalam pencahayaan minim (terutama Java Moss) namun pertumbuhannya akan tumbuh kurus dan tumbuh sangat lambat. Semakin banyak cahaya yang Anda berikan moss akan lebih cepat tumbuh dan lebih rimbun.

Advertisement

Moss Tumbuh Baik dengan Menempel

Ini adalah sifat epifit dari moss. Moss hampir dapat menempel ke semua hal menggunakan serat akar yang kuat, tapi pilihan terbaik untuk menempelkan moss tetap pada batu atau kayu. Cukup ikat moss dengan mengunakan benang ke obyek yang akan ditumbuhi moss dan dalam satu atau dua minggu moss sudah menempel dan menyebar. Jika moss ini dibiarkan mengambang disekitar hardscape,tentunya pertumbuhannya akan kurang menarik karena akar moss sulit untuk menempel.

Moss Tumbuh baik dengan CO2

Meskipun CO2 tidak diperlukan, pertumbuhan moss akan sangat jauh dramatis karena pertumbuhan moss sangat dipengaruhi oleh CO2. Ketika saya pertama kali menambahkan CO2, Xmass moss tumbuh dengan sangat pesat. Apalagi jika dikombinasikan dengan pencahayaan yang lebih tinggi , hal itu juga yang akan membuat lumut lebih padat dan sehat.

Bersihkan Moss secara Berkala

Moss bisa bekerja sebagai filter yang sangat baik, menjebak segala macam puing-puing dan kotoran kotoran. Hal ini bisa menjadi masalah jika tidak segera dibersihan karena bisa mendorong jenis alga jahat untuk tumbuh. Ketika proses mengganti air akuarium, gunakan jari Anda untuk membuka lembaran-lembaran moss dan kocok keluar setiap kotoran yang menempel pada moss, pastikan untuk menghilangkan kotoran sebanyak mungkin.

Hindari Alga

Memang bukan hal yang mudah untuk membersihkan semua jenis alga dari moss. Seringkali, moss dipenuhi pertumbuhan alga dan itu sangat sulit untuk dibersihkan, dan biasanya anda harus membuang semua keluar bagian yang terkena alga termasuk moss dan alga itu sendiri. karena daun yang kecil dan sangat rapuh menyulitkan proses pembersihan alga yang menempel. Sebelum itu terjadi sebaiknya untuk tetap menjaga kadar CO2 yang memadai dan menyuburkan Aquascape secara teratur untuk menjaga pertumbuhan alga.

Moss Tumbuh Baik Jika dipangkas (Trimming)

Sangat disayangkan jika kita harus memangkas moss yang sedang tumbuh dengan baik,namun proses pemangkasan (trimming) itu sangat bagus untuk moss dan moss akan tumbuh kembali lebih tebal dan lebih lengkap. Ada sedkit tips untuk proses pemangkasan moss ini,yaitu anda harus membersihkan sisa sisa potongan moss dari yang besar sampai potongan yang sangat kecil. Potongan moss kecil ini jika tidak dibersihkan maka moss akan menempel di bagian aquarium lain atau tanaman lain atau tumbuh dibagian yang tidak kita inginkan moss tumbuh disana.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan agar pertumbuhan moss bisa tumbuh secara maksimal dan memberikan kesan natural yang indah dalam aquascape anda.