Cara Menanam Berbagai Jenis Tanaman Aquascape

jenis tanaman Aquascape Moss
jenis tanaman Aquascape Moss

Cara menanam tanaman air pada akuarium tentunya sedikit berbeda dengan cara menanam tanaman darat seperti pada umumnya. Sebelum memulai melakukan penanaman sebaiknya rencanakan terlebih dahulu layout aquascape yang nantinya akan kita buat. Karena kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mencari layout aquascape yang pas dan memastikan anda tahu di mana posisi masing-masing jenis tanaman aquascape yang akan ditempatkan nantinya dengan harapan setelah beberapa bulan pertumbuhan tanaman akan tumbuh sehat dan tidak menggangu focus utama pada layout Aquascape.

Tahap perencanaan ini menjadi factor penting selain pemilihan batu yang bertekstur bagus atau kayu yang dapat memberikan penampilan akuarium anda sentuhan yang sangat alami. Sedikit tips, sebaiknya gunakan hardscape secara konsisten dengan menggunakan satu jenis batu atau kayu pada aquascape agar dapat menghasilkan hasil yang sangat estetis. Perencanaan pada cara menanam tanaman Aquascape ini harus jauh dengan pandangan ke depan, baik proses tumbuh tanaman maupun struktur hardscape dengan memastikan beberapa bulan pertumbuhan kedepan itu akan seperti apa.

Beberapa Jenis Tanaman Aquascape

Pada tanaman aquascape ada beberapa jenis tanaman dengan cara menanam yang berbeda-beda, ukuran dan juga proses pertumbuhan yang berbeda pula. Dengan mengenali perbedaan itu diharapkan kita bisa menanam tanaman aquascape dengan baik dan diharapkan bisa tumbuh dengan sempurna sesuai dengan perencaan awal pada saat akan membuat aquascape. Berikut bereberapa jenis tanaman dan cara menanamnya.

Advertisement

Tanaman Stem (Stem Plant)

Ketika kita membeli tanaman ini biasanya hanya berupa batang dan daun tanpa adanya akar walaupun ada juga yang menjual untuh dengan akarnya. Anda bisa menanam tanaman ini hanya dengan batangnya saja dan lebih bagus jika tanaman ini menyebar di sepanjang latar belakang (background). Saat menanam tanaman ini pertamakali, penanaman batang diberikan jarak antar batang walaupun mungkin akan terlihat jarang / kurang untuk mengisi lapisan latar belakang. Hal ini merupakan hal yang wajar karena batang akan segera tumbuh dan menghasilkan cabang baru dan latar belakang akan terlihat rimbun dalam waktu singkat.

Stem plant Rotala
Contoh Stem Plant : Rotala

Jika sudah pada posisi ini, jangan lupa untuk melakukan pemotongan (trimming) bisa dengan bentuk kontur gunung seperti tinggi batang di setiap sudut dan kemudian lebih pendek di pusat atau juga sebaliknya. Dengan cara ini tanaman juga bisa berfungsi  untuk menyembunyikan filter dan alat Aquascape lainnya. Cara menanamnya cukup mudah cukup batang didorong sekitar 3 atau 4 cm ke dalam substrat. Tidak butuh waktu lama mereka akan tumbuh dan mengeluarkan  akar yang kuat dan mereka akan tumbuh dengan cepat.

Kumpulan tanaman Stem bisa dilihat disini : Stem Plants

Anubais dan Java Fern

Untuk jenis tanaman aquascape ini cara menanamnya cukup mudah kita hanya perlu melekatan pada kayu atau batu di dalam akuarium seperti halnya mereka berkembang dihabibat aslinya. Mungkin kita sering kali melihat biji pakis dan anubais berada diantara batu atau hardscape untuk mencegah mereka mengambang. Ketika tanaman ini dibutuhkan pada posisi tertentu mereka perlu terikat pada benda berat.

anubias terikat pada batu
Tanaman Aquascape Anubias

kawat bisa juga menjadi pilihan untuk mengikat tanaman ke hardscape dan setelah tanaman ini mulai tumbuh kawat tersebut lama kelamaan akan hampir tak terlihat. Namun kadang-kadang media pengkita tersebut dapat membatasi pertumbuhan tanaman dan juga media kawat tidak akan larut dalam air akuarium. Pilihan terbaik adalah menggunakan benang karena pada akhirnya benang akan lapauk dalam kolom air.

untuk melihat list tanaman rhizome bisa dilihat disini : Rhizome Plants

Tanaman Umbi ( Bulb Plant)

Tanaman umbi pada umumnya dijual dalam plastik atau dalam pot ditambah kapas untuk melindungi struktur umbi yang merupakan induk dari tanaman ini. Untuk menanam tanaman air pot seperti ini, bersihkan kapas yang menempel dengan hati-hati dan pastikan untuk tidak meruak sistem umbinya.

bulb plant aquascape

Meskipun tanaman pot ini dapat langsung ditanaman ke substrat dengan pot, hal ini tidak dianjurkan dan akan membatasi gerak pertumbuhan tanaman. Cara termudah untuk menamam tanaman Bulb adalah dengan menggali sebuah lubang kecil dan mendorong tanaman ke dalamnya dan menutupinya di semua sisi setelah umbi nya tertanaman dengan baik.

untuk melihat list tanaman umbi bisa dilihat disini : Bulb Plants

Moss (lumut)

Moss akan terlihat baik jika ditempatkan pada kayu, batu dan hardscape lainnya. Ini adalah tanaman tambahan atau pemanis yang indah untuk akuarium karena tekstur lumut yang ringan yang akan bergoyang oleh arus aquarium. Jenis tanaman aquascape ini sangat cepat pertumbuhannya terutama jika ditempatkan pada daerah terbuka dan dekat dengan permukaan.

Moss dapat ditempatkan hampir di posisi mana saja di akuarium tapi akan terlihat bagus jika ditempatkan dengan latar belakang yang kontras gelap seperti batu hitam atau kayu yang berwarna lebih gelap. Untuk menempelkan moss seperti Cristmass Moss, Java Moss, Peacock Moss atau Flame Moss (hanya beberapa jenis ini yang lebih populer) menggunakan metode yang sama digunakan untuk menanam Anubias dan java fern yang telah saya bahas diatas.

jenis tanaman Aquascape Moss
Jenis Tanaman Aquascape Moss

Perawatan tanam lumut dapat menjadi proses yang sangat menyusahkan jika tidak dilakukan dengan hati-hati karena ukuran lumut yang kecil dan ringan ini sangat mudah berterbangan dan bisa menyumbat input filter. Metode termudah untuk penanaman moss ini adalah dengan mengikat moss dengan baik dengan tali.

Hal ini dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan untuk menempelkan pada hardscape yang relevan dan melakukan proses ini di luar akuarium. Metode lain yang bisa digunakan untuk penanaman yang yang tidak melibatkan pengikatan adalah degan menggunakan perekat atau Lem. Dalam metode ini perekat dapat langsung ditempelkan ke moss untuk menempelkannya ke hardscape. Setelah beberapa waktu, biasanya dalam waktu seminggu, akar moss bisanya sudah menempel pada tempatnya.

untuk melihat list tanaman moss bisa dilihat disini : tanaman moss

Hairgass dan Tanaman Rumput

Hairgrass biasanya bisa dibeli dalam pot kecil dengan puluhan batang. Tanaman ini relatif murah untuk dapat tumbuh dalam kondisi cahaya yang rendah. Seperti namanya, ia memiliki properti unik yang mampu tumbuh di sepanjang bagian bawah akuarium dengan cara yang sama seperti rumput pada tanah tanaman darat. Ketika menanam hairgrass penting untuk hati-hati membersihkan kotoran yang berasal dari pot dengan membersihkan bagian akar.

 

Proses Menanam Hairgrass
Proses Menanam Hairgrass

Untuk menanam tanaman ini pada tahap awal adalah dengan menyebar setiap jumput atau satu atau dua batang dibagian yang akan ditanamn. Berilah jarak setiap menanam sehingga membuat pola grid atau seperti menanam padi disawah. Dengan memberikan jarak antar hairgass. Hairgrass akan menyebar secara alami dan padat.

Tips singkat

Ingatlah untuk selalu menggunakan lampu akuarium, co2 dan pupuk yang sesuai. Hal ini sangat penting terutama pada tahap awal tumbuh kembang tanaman. Karena pada tahap ini tanaman akan mulai menumbuhkan sistem perakaran dalam tempat baru mereka.

Ketika membeli tanaman air, carilah tanaman yangi sehat bebas hama dan memiliki tunas tanaman yang menunjukkan tanda-tanda akar putih.  Lihatlah secara hati-hati dalam aquarium untuk setiap tanda-tanda alga. Kebanyakan alga berkembang biak dengan spora dan kasat mata, bahkan jika tanaman terlihat sehat masih ada kemungkinan terdapat spora alga. Selalu teliti dalam membeli jenis tanaman Aquascape atau belilah tanaman aquascape kepada seller yang sudah terpercaya.