Cara Membuat Aquascape Murah

Cara Membuat Aquascape Murah

Cara membuat aquascape murah – Bagi seorang pemula tentu akan kaget dengan harga 1 set aquscape jadi harganya bisa mencapai puluhan juta. Memang bagi sebagian orang hobi aquascape ini adalah hobi yang mahal. Tapi kali ini saya akan membagikan tips begaimana cara membuat aquascape murah. Walaupun katanya Aquascape ini adalah hobi yang mahal, kita masih bisa menggunakan beberapa cara agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar tetapi tujuan utamanya tetap tercapai dan masih bisa menikmati indahnya aquascape secara maksimal.

Cara Membuat Aquascape Murah

Untuk pemula yang ingin membuat aquascape dengan modal minim namun ingin hasil yang maksimal bisa ikuti tahap tahap berikut ini. Tahap pertama dalam membuat aquascape murah adalah siapkan bahan bahan.

  • Ukuran Aquarium

Dalam membuat Aquascape murah saya sarankan menggunakan aquarium ukuran 60cm. Kenapa harus 60cm ? karena ukuran ini menurut saya adalah ukuran ideal. Jika ingin memakai ukuran Aquarium yang lebih besar , tentunya peralatan pendukung lainnya juga akan ikut membesar. Dan jika anda ingin menggunakan ukuran aquarium yang lebih kecil, maka bersiaplah untuk menerima kesulitannya karena semakin kecil ukuran aquarium semakin sulit juga perawatannya. Karena parameter Air cepat berubah jika dalam wadah yang lebih kecil. Sedangkan ukuran 60cm perubahan parameter ralatif tidak terasa / stabil.

Advertisement

cara membuat aquarium

Untuk menghemat biaya anda juga bisa membuat akuarium sendiri atau jika anda tidak ada waktu bisa juga membeli akuarium yang sudah jadi. Jika ingin membuat Aquarium sendiri bisa dibaca pada artikel ini:

Cara Membuat Aquarium Ikan Hias

  • Lampu untuk Aquascape

Untuk proses pertumbuhan tanaman, lampu memang menjadi hal yang penting. Karena lampu ini ibarat sebuah matahari. Untuk anda yang bermodal minim untuk lampu bisa menggunakan lampu Ulir. Anda bisa langsung membeli Hood lampu yang sudah jadi atau bisa juga membuatnya sendiri. Untuk lampunya anda bisa menggunakan Osram yang Daylight atau juga dari Leuch tech. Kedua produk ini sudah terbukti berhasil dan banyak scaper yang menggunakan lampu ini dan menghasilkan aquascape yang indah.

DIY Lamp hoodsumber gambar : Aquascapingworld.com

  • Filter Sistem

Filter yang bagus untuk aquascape adalah canister Filter namun harga canister filter bisa mencapai ratusan ribu bahkan hingga jutaan rupiah. Bagi anda yang bermodal minim bisa mencoba membuat DIY canister Filter, untuk tutorialnya belum saya buat mungkin kedepannya akan saya buat tulisa tentang cara membuat DIY canister filter. Atau bagi anda yang malas membuat ada juga yang menjual Filter DIY canister yang sudah jadi di Forum-Forum Aquascape. Dan yang pasti harganya lebih murah dibanding dengan Canister yang diproduksi pabrikan.

DIY Canister Filter

  • Pupuk Dasar dan Pasir

Pupuk dasar dan Pasir adalah versi Hemat dari Aquascape Soil. Harga 5 liter soil sekitar 400 – 500 ribu tentu menjadi barang mahal bagi yang bermodal minim. Agar tidak terlalu mengeluaran uang banyak, solusinya adalah dengan menggunakan pasir. Bisa pasir silika atau pasir malang tetapi saya rekomendasikan menggunakan pasir malang. Selain harganya murah hasil dari penggunaan pasir malang ini juga lumayan bagus, harga pasir malang sekitar 25.000/karung jadi bisa lebih hemat. Untuk pupuk dasar bisa menggunakan Aquabasic JBL harganya sekitar 160rban tapi jika ini terlalu mahal bisa juga menggunakan Pupuk organik harganya sekitar 15.000-an. Untuk masalah kualitas, tidak kalah bersaing dengan pruduk soil pabrikan. Dan sudah terbukti banyak yang menggunakan pupuk organik hasilnya maksimal

  • Siapkan Batu dan Kayu

Batu dan Kayu bisa disesuaikan dengan kebutuhan setting aquascape sendiri artinya kedua bahan ini tidak terlalu wajib . Untuk tahap awal anda bisa memulai dengan batu dan kayu yang mudah didapatkan di pasaran seperti kayu rasamala dan santigi. untuk jenis batu anda bisa gunakan batu fosil , serpentine, atau batu lava dengan anggaran Rp 150.000 anda sudah bisa dapatkan kayu dan batu untuk memenuhi kebutuhan material aquascape.

  • Siapkan tanaman air  

Untuk Pemula sebaiknya menggunakan tanaman yang gampang di pelihara seperti jenis-jenis Criptocoryne, anubias, microsorum, valesneria, dan moss dan dengan jenis-jenis tanaman seperti ini, bisa cukup dengan anggaran sekitar Rp 200.000.

  • Siapkan Co2

Apakah bisa Aquascape tanpa menggunakan CO2 ? Bisa saja Aquascape tidak menggunakan CO2 tetapi ini hanya berlaku untuk tanaman-tanaman tertentu dan sebagai penggantinya cukup mengganti air baru sekitar 40% setiap 2 x dalam seminggu, Namun tanaman akan terhambat pertumbuhanya bahkan lama kelamaan tanaman akan semakin kerdil mengecil bahkan tidak berkembang.

Tanaman sangat membutuhkan CO2 untuk proses Photosintesis jadi sebaiknya kita menggunakan CO2 untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman, Selain pertumbuhanya cepat, tanaman tersebut juga akan tampil lebih maksimal dan mengeluarkan warna yang lebih cerah di banding tanaman yang tidak menggunakan CO2 . Untuk 1 set CO2 tabung harganya memang mahal sekitar 1.350.000. tapi kita bisa mengakalinya dengan mengunakan CO2 DIY yang bisa di buat dari permentasi ragi dan gula dengan anggaran minim sekitar Rp 35.000. Untuk cara membuatnya, saya sudah membuat tutorial bagaimana Cara Membuat DIY CO2 Sederhana jika anda ingin membuatnya.

Cara membuat DIY CO2 sederhana
Cara membuat DIY CO2 sederhana

Setelah Semua bahan terkumpul, mulailah menset Aquascape anda buat senatural mungkin seperti kita membuat taman. Setelah setting Aquascape kita bagus, langkah selanjutnya yang paling penting adalah perawatan. Walaupun dengan modal minim jika kita rawat dengan baik pasti hasilnya akan maksimal. Demikian tutorial cara membuat aquascape murah semoga membantu dan selamat mencoba!.