Cara Memasang Regulator Co2 Yang Benar

memasang Regulator Co2 2
memasang Regulator Co2 2

Saat ini banyak aquascaper yang sudah beralih dari DIY Co2 ke tabung bertekanan . Dalam pembelian tabung Co2 ini biasaya penjual mengirimnya secara terpisah antar bagian Tabung Co2 dengan kelengkapan lainnya dan mengharuskan  kita merangkai tabung dengan bagian yang lainnya agar bisa dipakai. Dalam artikel ini kita akan membahas Cara memasang regulator co2 yang benar karena pada bagian inilah bagian yang paling sulit bagi yang belum terbiasa pasti akan merasa kesulitan dalam pemasangannya. Regulator biasanya digunakan untuk mengukur suatu tekanan gas yang akan dipakai, dan lain sebagainya. Mengatur adalah mengendalikan Gas sehingga dapat memberikan besaran yang hendak dipakai. Jadi Regulator ini adalah alat pengatur tekanan yang berfungsi sebagai penyalur dan mengatur serta menstabilkan tekanan gas yang keluar dari tabung supaya aliran gas menjadi konstan.

Cara memasang regulator co2 yang benar

Berikut adalah hal yang harus dilakukan dan jangan dilakukan dalam memasang regulator Co2 karena sampai sekarang pun masih sering ditemui rekan-rekan aquascaper, baik yang sudah berpengalaman ataupun masih baru didunia  Aquascape yang salah dalam memasang regulator CO2. Berikut cara memasang dan melepaskan regulator CO2 yang baik dan benar.

Don’t : memasang regulator dengan menggunakan alat bantu (kunci inggris, kunci pas, kunci monyet, kunci rumah, kunci jawaban, dan kunci-kunci lainnya).

Advertisement
memasang Regulator Co2 1
memasang regulator dengan kunci inggris

Do : pasanglah regulator CO2 dengan hanya menggunakan tangan kosong.

memasang Regulator Co2 2
memasang regulator dengan tangan

Regulator CO2 untuk aquascape sudah dirancang agar dapat dipasang dengan hanya menggunakan tangan saja. Jika kita menggunakan alat bantu dalam memasang regulator, maka yang terjadi adalah seal karet di dalam regulator akan rusak, apabila seal karet sudah rusak tentu ini akan sangat rentan bocor . Jika memasang dengan tangan, seal akan tahan sampai lama dan jarang rusak. Kalau diperhatikan, sebenarnya beberapa merek regulator CO2 sudah memberikan petunjuk pemasangan yang menyebutkan “hand thighten only“, namun biasanya petunjuk penggunaan jarang dibaca.

memasang Regulator Co2
seal regulator yang masih bagus
memasang Regulator Co2 4
seal regulator yang sudah rusak akibat pemasangan dengan alat bantu

Don’t : menggunakan selotape di drat keran tabung CO2.

memasang Regulator Co2 5
selotape pada drat keran tabung

Do : pastikan drat keran bersih dari kotoran-kotoran.

memasang Regulator Co2 6
drat keran tabung yang bersih

Untuk sebagian orang , menggunaan selotape dapat mengurangi terjadinya kebocoran pada regulator, padahal dengan menggunakan selotape tidak akan mengurangi kebocoran, malah kadang menjadi sumber penyebab kebocoran. Selotape juga menyebabkan regulator susah dipasang, sehingga aquascape terpaksa menggunakan kunci untuk mengunci regulator.

Perlu diketahui regulator CO2 aquascape sudah dibuat sedemikian rupa agar mengunci sendiri dengan menggunakan tekanan CO2 dari tabung. Ga percaya? Coba lakukan ini. Pertama kunci regulator anda dengan tangan saja sampai mentok. Pada saat ini anda mungkin akan merasa ga pede, karena rasanya kok masih mudah dibuka ya. Lalu buka keran tabung CO2. Jika tidak terjadi kebocoran berarti seal anda masih bagus. Lalu dengan keran tabung masih posisi terbuka, coba buka regulator tersebut dengan tangan. Dijamin kaga sanggup! Lah kok yang tadinya gampang dibuka sekarang jadi susah? Karena sudah ada tekanan CO2 yang mengunci regulator tersebut. Kalo gitu gimana lepasinnya dong? Pertama tutup dulu keran tabung CO2. Setelah itu buka keran regulator untuk mengeluarkan sisa CO2 yang ada di dalam regulator. Bagi anda yang menggunakan regulator solenoid berarti musti menghidupkan solenoidnya. Setelah CO2 di dalam regulator keluar semua, coba buka regulatornya dengan tangan. Dijamin akan mudah sekali. Ajaib? Tidak juga, memang semestinya begitu. Jika dalam pemasangan ada bocor berarti seal anda sudah usang dan harus diganti.

sumber : Irsan Tenggara dari Harvest NAD