Berbagai Manfaat Tanaman Air Bagi Akuarium

Stem plant Rotala

Jika Hobi Anda memelihara ikan hias didalam akuarium pasti sering dihadapkan dengan berbagai masalah baik mendapatkan atau memelihara tanaman air. Sementara beberapa orang sudah menikmati indahnya merawat ikan hias berserta tanaman air didalamnya. Ada banyak alasan yang harus dipertimbangkan untuk mulai menggunakan berbagai tanaman air pada akuarium. Pada pembahasan kali ini kita akan melihat lebih dekat tentang beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunakan tanaman air di set up Akuarium.

Nitrogen Cycling

Setiap orang pasti ingin memastikan kesehatan ikan yang dipeliharanya, dan kesehatan ini merupak hal terpenting yang harus ditanggapi dengan serius oleh penghobi. Untuk itu ,tentang kesehatan ikan ini anda perlu memahami siklus nitrogen dalam berbagai kondisi air. Amonia yang dihasilkan ketika siklus pada akuarium ini terjadi merupakan racun bagi ikan tetapi berbeda bagi tanaman akuarium. Tanaman air atau tanaman aquascape mampu menyerap amonia secara mudah dan cepat dan hal ini yang menjadi alasan mengapa menggunakan tanaman merupakan hal yang penting untuk ditambahkan pada hari pertama set up. Tanaman Aquascape ini membantu siklus dan tanaman tumbuh sangat cepat selama periode ini dan ini alasan utama mengapa tanaman air sangat bermanfaat bagi kehidupan didalam Akuarium.

Advertisement
Stem plant Rotala
Tanaman Air Rotala

Sebagai Control Suhu

Alasan lain bahwa Anda harus menggunakan tanaman air untuk akuarium Anda adalah bahwa tanaman ini dapat membantu memberikan kontrol suhu. Tidak penting akuarium anda dibantu dengan pencahayan alami atau lampu listrik di atas aquarium. Karena pencahayaan ini dapat meningkatkan suhu air. Dengan memiliki tanaman pada akuarium, Anda dapat mengurangi dampak keseluruhan peningkatan suhu akibat media pencahayaan tadi, sehingga memungkinkan mengurangi dampak yang lebih besar akibat fluktuasi suhu.

Membantu Kehidupan Ikan Anda Dan Invertebrata Untuk berkembang

Manfaat tanaman air bagi akuarium yang lainnya adalah bahwa tanaman ini dapat membantu kehidupan ikan dan membuat perilaku yang lebih alami pada ikan atau hewan peliharaan lainnya. Hal ini sangat penting karena dua alasan yang berbeda. Pertama, ikan Anda akan memiliki lebih banyak tempat untuk bersembunyi di lingkungan mereka, yang akan membuat mereka lebih nyaman dan mengurangi tingkat stress. Selain tanaman , Batu dan kayu juga perlu anda tambahkan  karena hal ini sangat berguna ketika mereka perlu tempat untuk melarikan diri ketika ada ancaman berbahaya dari luar.

Manfaat tanaman air bagi akuarium
Ikan hias bertelur diantara tanaman air

Alasan kedua bahwa tanaman akuarium sangat berguna adalah bahwa tanaman air ini dapat membuat perilaku yang lebih alami pada ikan. Ikan tidak akan mendekati tanaman sintetis dengan cara yang sama yang dilakukan ikan terhadap tanaman hidup. Terhadap tanaman hidup ikan lebih sering mendekati dan berinteraksi dengan tanaman air alami. Hal ini tidak hanya membuat ikan lebih nyaman, tapi ikan yang memiliki lingkungan yang lebih alami yang akan mendapatkan dampak kesehatan yang baik pada ikan.

Sebagai Penyaringan

Salah satu hal yang umum yang setiap perhobi juga tahu adalah bahwa akuarium sangat mudah kotor dan dibanjiri dengan berbagai bakteri, ganggang, dan flora. Itulah mengapa sangat penting untuk menumbuhkan tanaman aquascape di akuarium. Karena taman ini sangat membantu pertumbuhan lingkungan akuarium dan menjaga air bersih pada saat yang sama. Karena tanaman air ini berfungsi sebagai filter biologis yang baik. Tidak hanya akan hasil ini lingkungan yang sehat untuk ikan Anda, tetapi juga memungkinkan Anda untuk menghabiskan lebih sedikit waktu dalam perawatan akuarium. Bukan berarti Anda tidak perlu mengganti air justru sebaliknya ketika tanaman air ini tumbuh, tanaman akan menghasilkan limbah dan ini perlu dibersihkan dari akuarium. ‘Sampah tak terlihat‘ ini jika tidak bersihkan, berubah menjadi nutrisi yang menjadi makanan empuk bagi alga atau ganggang.

Ini hanya beberapa alasan penting mengapa tanaman air sangat bermanfaat bagi akuarium. Sebenarnya masih banyak alasan-alasan lain dari manfaat tanaman air bagi akuarium. Jadi jika akuarium anda hanya diisi ikan saja mungkin kini saat nya untuk memulai menambahkan beberapa tanaman kedalam akuarium anda. Untuk memulai anda bisa membaca artikel saya yang lain tentang “cara membuat Aquascape”.