5 Cara Untuk Mencegah Pertumbuhan Alga Pada Aquarium

Aquarium Penuh Alga

Kehadiran Alga pada aquarium sangat  tidak kita harapkan. Namun alga ini akan selalu hadir dalam aquarium, walaupun dengan perawatan aquarium yang extra. Pada kesempatan kali ini , ada beberapa cara untuk menjaga pertumbuhan alga, sehingga pertumbuhannya sangat minim dan seolah tidak tampak oleh mata manusia . Untuk Menjaga pertumbuhan alga bisa dilakukan dengan mulai fokus pada hal berikut:

Penggantian air

Cara membuat aquascape sederhana

Mengganti Air aquarium secara berkala adalah cara terbaik untuk mencegah pertumbuhan alga. karena dengan mengganti air bisa dipastikan kelebihan nutrisi dan limbah dibersihkan dari akuarium. Penggantian air yang direkomendasikan minimal 50% per minggu untuk akuarium tanaman atau Aquascape. Bukan hanya itu saja penghuni akuarium seperti ikan, udang dan tanaman akan lebih sehat dengan adanya penggantian air baru.

Advertisement

Pencahayaan Aquarium

Sebagai pencegahan alga pada aquarium Sebaiknya jangan menyalakan lampu pada aquascape selama lebih dari 10 jam sehari. Karena pada dasarnya tanaman tidak membutuhkan pencahayaan selama itu seperti pada Alam dengan pencahayaan Matahari, Matahari menerangi Bumi ini hanya kurang lebih 12 jam dengan tingkat cahaya yang berbeda beda seperti pada pagi dan sore hari. Pencaayaan yang berlebihan pada aquarium justru akan membuat pertumbuhan alga berkembang pesat. Jika sudah terlanjur terkena alga untuk pencehagan bisa dengan mengurasi durasi pencahayaan.

Nutrisi dan Co2

Pastikan Aquascape Anda mendapatkan nutrisi dan CO2 yang konstan untuk pertumbuhan tanaman agar berkembang dengan baik, memperkecil dosis nutrisi hanya akan membuat hal-hal buruk terjadi! Membuat tanaman kekurangan karena Kelaparan dari nutrisi & Co2 hanya akan membuat mereka tampil buruk dan pertumbuhannya juga tidak akan baik, dan hal ini memberikan peluang besar bagi alga untuk tumbuh dan mengambil alih.

Pakan Ikan

Jangan terlalu berlebihan memberikan pakan ikan, memiliki terlalu banyak ikan pada sebuah aquarium juga tidak terlalu bagus. karena hal ini akan menyebabkan banyaknya limbah yang dihasilkan dan alga bisa tumbuh subur. Tetap berikan makan ikan secukupnya (cukup untuk ikan merasa kenyang, tapi jangan berlebihan).

Suhu

Hindari suhu tinggi. Beberapa jenis alga berkembang pesat dalam Aquarium bersuhu panas untuk pencegahan pertumbuhan alga ada baiknya untuk menjaga aquarium anda tetap dingin berada dibawah suhu 26C. Tentunya juga tanaman pertumbuhannya akan lebih baik pada temperature suhu aquarium 26c.

Demikian hal yang bisa dilakukan untuk Mencegah Pertumbuhan Alga Pada Aquarium. Semoga dengan melakukan hal-hal diatas, kita bisa meminimalisir pertumbuhan alga pada aquarium.