12 Jenis Batu yang cocok dan bisa digunakan untuk aquascape

Batu-seiryu-aquascape

Batu merupakan salah satu komponen yang sangat penting didalam aquascape. Dalam men-setup layout aquascape yang paling menonjol selain tanaman adalah hardscape yang cantik. hardscape sendiri meliputi batu, kayu dan benda mati lain yang bisa digunakan untuk dekorasi aquascape. namun tentunya harus berbahan alami dan bukan buatan. Kehadiran hardscape sangat membantu para hobis dalam menentukan gaya apa yang akan digunakan pada tema aquascape yang akan dibuat. Karena tema apapun yang ingin digunakan, tentu selalu membutuhkan yang namanya hardscape, baik itu hardscape berupa batu ataupun kayu.

Batu-batu ini banyak digunakan untuk dekorasi didalam aquascape, terutama jika kita ingin membuat aquascape dengan tema Iwagumi (iwagumi memiliki arti susunan batu). Dengan berkembangnya dunia Aquascape permintaan batu yang unik dan beragam semakin meningkat. Tidak hanya batu seiryu saja namun saat ini sudah banyak batu-batuan baru yang ditemukan dan digunakan oleh para hobis untuk digunakan didalam Aquascape.

Jenis Batu Aquascape yang Baik digunakan

Ada berbagai macam jenis batu yang saat ini banyak digunakan para scaper sebagai hardscape dalam layoutnya. Alam sendiri sudah menyediakan berbagai jenis batu yang unik dan berbeda-beda, namun tidak semuanya bisa kita gunakan untuk aquascape. Kali ini, atagaleri akan membahas batu aquascape apasaja yang cocok dan banyak digunakan oleh hobis aquascape.

Advertisement

1. Batu Seiryu atau Ryuoh

Jenis batu Aquascape pertama adalah Batu yang paling popular digunakan untuk Aquascape yaitu Batu Seiryu. Batu ini pertama kali dipopulerkan oleh takashi Amano yang sama-sama berasal dari negara Jepang sama seperti asal batu ini. Seiryu Stone merupakan hardscape yang paling sering digunakan untuk aquascape terutama untuk gaya atau tema Iwagumi. Batu ini memiliki warna yang kontras dan memiliki tekstur yang sangat alami, memiliki warna abu-abu kehijauan serta ujung-ujung tepi yang begerigi tajam.

Karena batu ini berasal dari Jepang, untuk mendapatkan batu ini biasanya harus melalui Import. Namun dengan perkembangan Aquascape saat ini, batu seiryu sudah tersedia di Toko-toko penyedia bahan aquasape ataupun di Marketplace seperti di Bukalapak atau Tokopedia. Harga yang dibandrol untuk batu ini ada dikisaran Rp. 20.000 sampai dengan 50.000 tergantung dari besaran dan corak atau teksturnya.

Ryuoh Stone adalah batu kembaran dari Seiryu, bentuk dan teksturnya sangat mirip. Sangking miripnya sulit membedakan antara batu seiryu dan ryuoh. Ada yang bilang bahwa batu ryuoh dalah batu KWnya seiryu. Namun batu ini sangat direkomendasikan oleh Aqua Design Amano (ADA) dan batu ini dijadikan produk oleh ADA untuk dijual

2. Batu Lava (Lava Rock)

Batu ini sangat mudah sekali ditemukan dan menjadi primadona aquascaper pemula karena harganya yang murah. Sesuai namanya batu ini berasal dari pegunungan, lebih tepatnya terbentuk dari panasnya gunung berapi. Bentuk batu ini sangat berpori, memiliki lubang-lubang kecil yang memungkinkan bagi air untuk masuk melewati dan menyebar ke dalam batu sehingga batu ini sangat ringan dan cocok sekali digunakan dalam akuarium.

Selain digunakan sebagai Hardscape, batu lava juga banyak memiliki banyak manfaat yang baik bagi ekosistem aquascape.

Baca juga : manfaat dari pengunaan Batu Lava

3. Batu Serpentine

Batu serpentine merupakan batu yang cukup disukai oleh para aquascaper. Salah satu alasanya adalah karena warna dan corak yang dimilikinya. Sama seperti batu seiryu, batu serpentine juga cocok digunakan untuk tema iwagumi. Memiliki warna yang unik, berwarna abu-abu dengan corak hijau putih dan akan semakin gelap apabila berada didalam air. Selain berwarna abu-abu ada juga batu serpentine yang berwarna hitam. Beberapa hobis menyebutnya dengan black serpentine.

4. Batu Eragon / Garang

Batu eragon atau batu naga atau ada juga orang menyebutnya sebagai garang stone merupakan batu yang memiliki bentuk yang sangat unik. Batu ini terkenal ringan dan juga memilki bentuk yang runcing. Mungkin ini sebabnya kenapa disebut sebagai Batu Garang.

Karena Bentuknya yang unik, batu ini mudah dibedakan dari batu aquascape lainnya. Memiliki tekstur yang khas yakni berongga dan memilki pola atau garis yang meruncing. Batu ini memiliki warna kuning ke coklatan dan juga warna abu.

5. Batu Fosil (Petrified Stone)

Tanpa saya jelaskan pasti para hobis sudah tahu apa itu fosil. Pada dasarnya Fosil adalah sisa-sisa atau bekas-bekas mahluk hidup yang menjadi batu atau mineral. Untuk batu fosil sendiri, merupakan batu yang terbentuk dari fosil tumbuhan seperti kayu. Batu ini memiliki bentuk  yang memanjang seperti batang kayu pada umumnya namun sudah mengeras seperti batu.

Jika dibandingkan dengan Lava Rock batu fosil ini sedikit lebih berat, namun batu fosil ini masih bisa dijadikan penghias atau hardscape pada aquascape. Batu ini dijual dikisaran Rp. 8.000 sampai 10.000 per Kg.

6. Batu Besi

Batu besi memiliki corak seperti lapisan tanah pada tebing dan mirip dengan terjalnya dinding pada tebing. Karena itu jenis batu besi banyak digunakan dalam aquascape untuk tema serupa yaitu tema tebing atau jurang. Saat ditambahkan tanaman batu ini akan terlihat contras karena secara umum batu ini berwarna gelap.

Batu ini cukup berat terutama jika dibandingkan dengan batu-batu aquascape yang sebelumnya sudah kita bahas. Tidak heran jika nama batu ini dinamakan batu besi. Harga batu besi berada dikisaran Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 15.000 per kg

7. Batu Kali

Bagi yang kesulitan mendapatkan batu-batu diatas, batu kali juga bisa digunakan sebagai hardscape aquascape. Banyak contoh-contoh design aquascape yang menggunakan batu kali sebagai dekorasinya. Dalam penggunaan batu kali yang paling penting adalah kita bisa mengatur tata letak secara baik dan juga jumlah batu kali yg sesuai agar terlihat natural. Biasanya batu ini digunakan untuk tema natural seperti sungai dibawah air.

ADA Produk

Selain batu-batu diatas, ada beberapa jenis batu untuk aquascape yang sangat bagus namun tidak dimasukan kedalam list. Batu-batu ini adalah batu yang dikeluarkan atau dijual oleh ADA ( Aquascape Design Amano). Batu ini sangat bagus namun batu ini susah untuk didapat bisanya untuk mendapatkan batu ini harus melalui import selain itu juga harganya juga sangat mahal. Seperti

8. Batu sansui (Sansui Stone)

Batu ini memiliki retak yg berlapis dan memberikan kesan yang lebih alami. Batu ini terlihat mirip seperti batu Koke

9. Batu Unzan (Unzan Stone)

Batu ini terbentuk dari batuan vulkanik yang membentuk seperti gunung. Selain digunakan pada aquascape, batu unzan juga banyak digunkan untuk produk Wabi-kusa

10. Batu Kei (Kei Stone)

Batu kei Aquascape
Batu Kei Aquascape

11. Batu Manten (Manten Stone)

Salah satu karakteristik dari Batu Manten adalah bentuknya dan juga memiliki sisi-sisi yang kasar. Karena memang batu ini adalah batu gunung dimana strukturnya yang sangat cocok untuk layout Iwagumi

12. Batu Yamaya (Yamaya Stone)

Batu ini tidak memiliki karakteristik yang kuat sehingga penggunaan batu ini tergantung bagaimana hobist mengatur dan menyusun batu ini. Kebanyak batu ini memiliki ukuran sebesar kepalan tangan, sehingga kebanyakan hobis hanya menumpuk batu ini dan tidak diperlukan untuk memilih-milih untuk mencari bentuk yang bagus.

Penutup

Di alam sendiri banyak terdapat berbagai jenis batu-batuan alam yang bisa kita gunakan untuk Aquascape. Sebenanya tidak ada aturan baku hanya jenis-jenis yang sudah kita bahas disini saja yang bisa digunakan, tapi memang tidak semua batu yang ada di sekitar kita atau yang terdapat dialam cocok digunakan untuk aquascape seperti contohnya Batu Kapur. Yang perlu diingat adalah pilihlah batu yang tidak mempengaruhi parameter air, tidak terlalu berat serta memiliki corak atau lekukan yang unik.