Tips Memilih Jenis Lampu Aquascape

Lampu Aquascape Sebagai Sumber Pencahayaan di dalam Aquarium adalah hal yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman dan kesehatan ikan. Terutama jika didalam aquascape ditanaman tanaman yang menuntut persyaratan pencahayaan tinggi. Di Alam, matahari adalah satu-satunya sumber pencahayaan, sedangkan untuk tanaman air untuk mereaplikasikan hal ini dibutuhkan lampu untuk Aquascape yang sangat terang sebagai pengganti matahari.

Dengan T5 atau metal halide untuk 2-3 + watt pencahayaan per liter air akuarium bisa dikatakan cukup. Jarak kedalaman Air Aquarium juga sangat berpengaruh, Sebuah Aquarium bisa membutuhkan lebih banyak pencahayaan sementara Aquarium yang berair dangkal mungkin membutuhkan lebih sedikit pencahayaan. Suhu bola lampu (Light Temperature) yang baik berada dikisaran antara 6700k dan 10,000k.

Kelvin adalah satuan unit yang digunakan untuk mengukur warna dari suatu sumber cahaya. Dalam hal ini, sumber cahaya yang kita maksud adalah Lampu Aquascape. Kelvin sama sekali tidak berkaitan dengan tingkat terang atau tingkat panas sebuah Bola Lampu . Semakin tinggi tingkat Kelvin pada sebuah lampu, maka berarti warna lampu tersebut semakin mendekati warna sinar matahari yang sesungguhnya ( sunlight ). Semakin mendekati sinar matahari akan lebih baik karena akan memberikan tanaman spektrum cahaya yang diperlukan untuk tumbuh.

Penggunaan Lampu LED saat ini sudah menjadi hal yang umum dan banyak para scapers yang menggunakan Lampu LED sebagai Lampu untuk aquascape mereka. Dan sekarang ini LED sudah banyak tersedia dan harga lampu aquascape ini juga terjangkau. Lampu LED adalah sumber pencahayaan Aquascape yang memanfaatkan teknologi terbaru memungkinkan penggunaan watt lebih rendah dengan output yang sama. Lampu LED bisa disesuaikan dan banyak Produk Lampu Aquascape komersial yang ada dengan berbagai spektrum. Lampu LED juga melepaskan lebih sedikit panas dan menggunakan daya yang lebih kecil, pilihan yang sangat baik untuk aquarist modern. Perhitungannya bisa saja dengan 1w + per Liter Air untuk pencahayaan dan itu sudah cukup untuk menumbuhkan tanaman pada aquascape

Pilihan Jenis Lampu untuk aquascape yang bisa digunakan

Metal Halide

Lampu Aquascape Metal Halide

Lampu Metal Halide ini sangatlah terang mulai dari 100 sampai dengan 400 watt. Melalui pencampuran uap merkuri dan Logam halida yang menjadi sumber cahaya, Lampu ini dapat memberikan efek berkilauan di dalam Aquarium, cahayanya dapat menembus kedalam air. Selain cahayanya yang terang , lampu ini juga menghasilkan panas berlebih malah bisa diakatakan sangat panas saat digunakan sehingga penempatannya perlu digantung atau diletakkan jauh di atas Aquarium.

Metal Halide menggunakan lebih banyak energi untuk ouput yang sama bila dibandingkan dengan teknologi yang lebih baru seperti T5S dan LED. Sejak diperkenalkannya teknologi LED , Pengggunaa Lampu Metal Halide sebagai pencahayaan dalam aquascape secara perlahan menghilang karena lampu ini menjadi kurang ekonomis.

Keuntungan – Sangat Terang dan Baik untuk Aquarium yang tinggi (dalam).

Kekurangan – Sangat panas dan dapat meningkatkan suhu Aquascape. Tidak efisien dan Penggunaan daya yang boros dibandingkan dengan Lampu lainnya.

T5 -Fluorescents

Lampu Aquascape T5
Lampu T5 dari Philips

Pencahayaan dengan menggunakan lampu jenis T5 adalah teknologi yang lebih baru dari Metal Halide. Lampu ini lebih tipis dan lebih terang dari saudaranya Lampu neon T8. Dengan Lampu seukuran T5 ini dapat mengeluarkan watt tinggi yang merata ke seluruh area Aquascape. Ini akan membantu dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman Anda secara keseluruhan merata kesemua area didalam Aquarium.

Dengan menggunakan Lampu Aquascape T5 ini pencahayaannya seperti bersinar dari ujung ke ujung. Perlengkapan pengunaan T5 perlu menggunakan Ballast dan jika dihitung hitung harganya juga cukup mahal. Karena T5 perlu diganti jauh lebih sering daripada LED akibat spektrum lampu ini dapat berubah dari waktu ke waktu yang bisa menjadi kontribusi untuk pertumbuhan algae.

Keuntungan – terang untuk pencahayaan Aquascape . lampu jenis ini berukuran kecil, tersedia banyak jenis dilihat dari nilai lumensnya.

Kekurangan– Biaya bohlam awal bisa mahal. Kurang efisien jika dibandingkan dengan mengunakan LED.

LED

Lampu LED Aquascape

LED adalah teknologi pencahayaan terbaru yang muncul dalam perlengkapan aquarium saat ini. LED yang didukung dengan teknologi Baru ini sudah mendukung untuk menumbuhkan tanaman didalam ruangan. Teknologi ini bisa membuat Lampu Aquascape Murah dan lebih maju dari T5 atau Metal Halide. Watt yang rendah pun bisa sangat terang dan dapat dikombinasikan dengan lensa untuk tank lebih dalam. Artinya dengan Watt yang kecil bisa memberikan pertumbuhan yang maximal bagi tanaman dengan begitu pengeluaran biaya Listrik pun akan semakin murah.

Keuntungan– Lampu tidak perlu diganti sampai 50.000 jam dan mengkonsumsi Daya Listrik yang rendah. LED mengeluarkan panas rendah sehingga tidak akan mempengaruhi suhu air. ukurannya kecil sehingga perlengkapan LED ini bisa sangat ringan.

Kekurangan– biaya setup awal yang lebih tinggi.

Memilih Lampu Aquascape yang tepat

Memilih Lampu yang tepat dari beberapa pilihan pencahayaan Aquascape adalah hal yang penting untuk memberikan hasil yang terbaik, baik dari sisi tampilan estetika atau pertumbuhan yang diperlukan. Matahari adalah tolak ukur pencahayaan untuk Aquascape sekitar 6500K (kelvin yang merupakan suhu warna) sudah sangat baik untuk memberikan pencahayaan yang cukup bagi pertumbuhan tanaman. Menggunakan Lampu Aquascape bertype T5 dan Lampu Aquascape DIY LED yang paling efektif memiliki campuran antara 6700k dan 10000k. Bila menggunakan Metal Halide 10,000k adalah pilihan yang aman untuk warna dan pertumbuhan.