Project ke dua aquascape ku

Ini adalah Project ke dua aquascape ku didalam project kedua ini saya sedang jatuh cinta dengan tanaman Hair Grass ( Eleocharis parvula ) jadi hampir seluruh tanaman depan sampai belakang memakai tanaman ini. kenapa saya memilih Hair Grass karena memang tanaman ini tergolong mudah dan rendah perawan untuk tanaman kelas karpet (baca: runner) kebutuhan cahanya untuk tanaman hairgass ini relatif Medium to Low masioh bisa bertahan hidup dan yang terpenting runner atau tunas tunas barunya terus berkembang memenuhi lahan yang ada di aquascape ku

Project ke dua aquascape ku

Project Ini dilakukan tanggal 28 Oktober 2012 sudah lama ya? kalau dihitung dari tanggal artikel ini dimuat sudah dua tahun lebih 3 bulan, kangen juga dengan aquascapeku ini yang dulu sempat saya buat, tahun 2012 adalah awal-awal saya mengenal aquascape mungkin kalau aquascape ada jenjang sekolahnya , saya baru memasuki taman kanan-kanan atau PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang masih belajar membaca. Jadi mohon maaf jiga masih jauh kalau dibandingkan dengan Master-master aquascape yang sudah ada.

Pembuatan Aquascape kedua ku:

Langsung saja ini adalah penampakan aquascape kedua ku yang saya buat tanggal 28 Oktober 2012.

Aquascapeku
Aquascape ku Setting 28 Okt 2012

Bisa dilihat dari Gambar diatas tanaman yang saya gunakan waktu itu adalah

  • Hairgrass ( Eleocharis parvula )
  • bolbitis heudelotii
  • Anubias Var Nana
  • cryptocoryne wendtii Brown

itu saja yang saya ingat xixix 😀 (…ini juga melihat gambar) untuk perlengkapan aquascape lainnya , untuk pencahan saya memakai lampu ulir 2 buah merk Phil**s 23 watts untuk ukuran Aquariumnya 45cm Tinggi , 60 cm panjang dan 40 cm lebar. memang untuk ukurang aquascape tinggi aquarium ini kurang proporsional untuk ukuran panjang 60 cm, ini memang dulunya aquarium ini peruntukannya dahulu untuk hobi lobster.

pembuatan Aquascape kedua ku
Update Phtoto 26 Hari kemudian

Pada umur 26 hari tanaman sudah mulai banyak dan mulai terlihat hijau. hampir satu minggu sekali harus dilakukan pemotongan (Triming) untuk hairgrassnya. sedikit penambahan tanaman dikayu saya ikatkan sedikir moss agar sedikit lebih natural. dalam tahap ini aquascape sudah di level stabil beberapa fauna pun sudah saya tambahkan kedalam aquascape ini diantaranya :

  • Cardinal Tetra
  • Neon Terta
  • Rasbora harlequin
  • Red Cherry Shirmp

Seperti biasa penambahan Udang memang sangat diperlukan untuk melakukan pembersihan pada aquascape.

Project Aquascape kedua ku
Photo Fibal umur 2 Bulan

Ini adalah Photo Final untuk Project ke dua aquascape ku . Ada penambahan baby tears di belakang.