Eriocaulon Cinereum

 Rosette / 682 views

Quick facts Tanaman Eriocaulon Cinereum

  • Family : Eriocaulaceae
  • Genus : Eriocaulaceae
  • Tingkat Kesulitan : Sedang
  • Kebutuhan Cahaya : Tinggi
  • Ukuran : Tinggi 2-8 cm
  • Pertumbuhan : Lambat
  • Harga Dalam Prosi : 1

Deskripsi tentang Eriocaulon Cinereum

Eriocaulon cinereum, salah satu di antara 400 spesies Eriocaulon, tanaman ini adalah tanaman sawah asli berasal dari Asia tenggara di mana ia tumbuh secara emersed pada tanah yang sangat basah. Sejak ditemukan dan dijadikan untuk tanaman akuarium yang indah dalam beberapa tahun terakhir ini. Meskipun tanaman ini relatif umum di kawasan Asia Timur, spesies Eriocaulon cinereum masih jarang diimpor ke Amerika Serikat.

Tanaman kecil ini memerlukan substrat yang subur untuk berkembang, karena menyedot banyak nutrisi dari sistem akar yang banyak. Bahkan, sistem akar spesies ini bisa sampai tiga kali lebih panjang dari daun. Kebutuhan yang lain yaitu persyaratan yang umum untuk kebanyakan tanaman cukup sulit yaitu kondisi pencahayaan harus intens, CO2 merupakan suatu keharusan, dan pupuk cair tentunya (termasuk nitrat, fosfat, kalium, dan zat gizi mikro). Ketika kadar CO2 yang baik, pada pusat Eriocaulon cinereum akan mengembangkan warna rona emas.

Eriocaulon cinereum merupakan tanaman akuarium yang berukuran relatif kecil dan tumbuh lambat bahkan ketika kondisi sesuai dengan yang diinginkan tanaman ini, maksimal pada ketinggian 8cm. Sekali dalam sebulan, Eriocaulon cinereum dapat dibelah untuk di perbanyakan. Cara untuk memperbanyak cukup mudah,tinggal mengambil pisau tajam atau gunting dan membuat sayatan pada titik di mana daun-daun bertemu. Kemudian pisahkan menjadi dua tanaman yang terpisah.

Eriocaulon cinereum, karena berukuran kecil, merupakan tanaman alternatif yang sangat baik untuk area depan (foreground). Biasanya dimixing dengan tanaman¬† ‘Tonina’ dari Asia Timur di mana mereka tampak seperti miniatur bulu babi hijau. Penampilan yang unik membuatnya cocok untuk ditempatkan dalam layout atau tata letak apapun