Crinum Calamistratum

 Rosette / 458 views

Quick facts Tanaman Crinum Calamistratum

  • Family : Amaryllidaceae
  • Genus : Crinum
  • Tingkat Kesulitan : Sedang
  • Kebutuhan Cahaya : Tinggi
  • Ukuran : Tinggi 91 cm
  • Pertumbuhan : Sedang
  • Harga Dalam Prosi : 1

Deskripsi tentang Crinum Calamistratum

Crinum calamistratum merupakan tanaman air yang berasal dari Afrika Tengah yang hadir dilingkungan penghobi selama beberapa tahun ini. Catatan dari kumpulan spesimen holotype pada tahun 1948 menunjukkan bahwa tanaman itu diambil dari wilayah Kumba bagian dari Kamerun. Aliran sungai yang mengering pada waktu tertentu dalam setahun, tetapi kemampuan tanaman ini untuk bertahan hidup dalam keadaan emersed sangat diragukan. Crinum calamistratum adalah yang terkecil dari spesies Crinum yang biasa dirawat didalam akuarium, tapi dalam aquascape tanaman ini termasuk kedalam tanaman berukuran besar.

Crinum ini memiliki struktur yang unik panjang, ramping, memiliki keriput, daun berwarna hijau gelap yang dapat memperpanjang hingga empat kaki panjangnya. Daun mulai tumbuh ke atas sedikit miring dari bulb-nya, namun dengan cepat melahirkan bermacam-macam bentuk ikal dan begelombang. Untuk tujuan aquascape, tanaman tumbuh secara tunggal dapat memberikan titik fokus yang kuat. Pola pertumbuhan yang unik dan tekstur daun memberikan kontras visual yang menarik untuk dikelompokan dengan tanaman batang (stem plant).

Meskipun pola pertumbuhannya lambat, namun tetap membutuhkan tingkat cahaya yang cukup tinggi dan akanĀ  memberikan hasil yang maksimal jika ditambahkan CO2. Akan tumbuh Besar, tanaman yang sehat pada akhirnya akan menghasilkan sejumlah tanaman tunas didaerah sekitar bulb. Setelah membentuk tiga atau empat daun, masing-masing dapat kita pisangkan secara hati-hati dari bulbnya dan memiliki sistem akar kecil sendiri. reproduksi secara seksual juga bisa dilakukan namun kurang umum.

Penempatan lokasi pada aquarium untuk tanaman ini harus dipilih dengan pertimbangan yang cermat dengan memperhitungkan kebutuhan cahaya dan ukuran akhirnya. Sering berpindah-pindah atau terhalang tanaman lain akan mengakibatkan daun menjadi layu dan mati dan sistem akar yang lemah. Crinum calamistratum toleran dengan kondisi air agak payau dan dapat tumbuh dengan baik di air keras atau lunak. Daunnya juga sangat tahan terhadap gangguan dari ikan herbivora.

Bunga dari tanaman ini adalah salah satu yang paling indah dari semua tanaman aquatic. Paling mudah berbunga ketika dalam konsidi sistem cahaya tinggi, CO2 dan dengan air relatif lunak (soft). Ketika mencapai permukaan atas, tanaman akan menghasilkan tangkai bunga yang cepat akan tumbuh dari bulb ke permukaan dalam hitungan hari. Dua atau tiga bunga akan tiba-tiba besar naik melalui batang ramping dari kelopak tunggal beberapa inci di atas air. Bunga ini akan tetap mekar selama sekitar satu minggu. Proses berbunga ini dapat kita diamati sangat sesering sekitar setiap empat sampai enam minggu.