Blyxa Aubertii

 Rosette / 240 views

Blyxa aubertii merupakan tanaman air asli bisa ditemukan di seluruh Asia Tenggara, Afrika, Jepang dan Australia. tanaman ini bisa ditemukan dalam berbagai habitat seperti di sawah di aliran air. Meski tanaman ini telah dikenal cukup lama dikalangan para penghobi , namun entah kenapa sangat sulit ditemukan tanaman ini. Saat ini, biasanya blyxa hanya tersedia di penjual penjual khusu atau melalui order terlebih dahulu. Sebelumnya tanaman ini dianggap sebagai Blyxa echinosperma tetapi sekarang diakui sebagai Blyxa aubertii.

Menumbuhkan Blyxa aubertii tidak terlalu sulit. Memang untuk pencahayaan membutuhkan kondisi pencahayaan yang cukup tinggi yang ditemukan dalam aquasape “teknologi tinggi”. Selama diberikan karbon dioksida (co2) yang melimpah dan sasaran program pemupukan yang seimbang, pasti akan memberikan hasil yang terbaik.

Ketika ditempatkan di lokasi terbuka dan dengan melimpahnya zat besi, Blyxa aubertii akan menghasilkan warna merah marun yang kuat pada duannya. Satu hal penting yang harus diingat adalah bahwa spesies ini agak halus sehingga jangan diberikan arus yang terlalu kuat, jika tidak daun blyxa akan menjadi compang-camping.

Membudidayakan atau memperbanyakan Blyxa aubertii dapat dilakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan membauat tanaman ini tumbuh dewasa dan membagi / membelah pada pangkalnya. spesimen baru dapat dipisahkan dengan hati-hati dan tanam kembali di tempat yang tepat. Metode kedua dengan cara propagasi: Ketika diberikan dengan kondisi ideal, Blyxa menghasilkan banyak bunga berwarna putih kecil di ujung daun. Meskipun dimungkinkan untuk dilakukan penyerbukan secara manual, namun hal itu tidak perlu, karena bunga blyxa mampu mamu melakukan penyerbukan sendiri.

Karena ukurannya yang lebih kecil dalam kondisi cahaya yang kuat, Blyxa aubertii adalah alternatif yang baik untuk dipadukan dengan Cyperus helferi dan tanaman seperti rumput lainnya. Namun bukan berarti bahwa itu adalah tanaman yang kompak seperti Blyxa japonica. Ketika dewasa, bylxa dapat dengan mudah tumbuh lebih dari 16 inci (41 cm) tinggi dan 8 inci (20 cm) lebar di dasar. Melihat dari ukuran akhirnya, Blyxa aubertii adalah tanaman latar belakang yang luar biasa untuk akuarium dengan ukuran sekitar empat puluh galon dan dan tanaman posisi tengah untuk tank yang lebih besar. Menurut pendapat penulis, Blyxa Aubertii berjalan cukup baik dengan tanaman pakis seperti Bolbitis heudelotii.

  • Family : Hydrocharitaceae
  • Genus : Blyxa
  • Tingkat Kesulitan : Sedang
  • Kebutuhan Cahaya : Sedang - Tinggi
  • Ukuran : 10-15 Cm
  • Pertumbuhan : Cepat
  • Harga Dalam Prosi : 1