Barclaya Longifolia

 Bulb Plant / 419 views

± Rp 150.000,00

Quick facts Tanaman Barclaya Longifolia

  • Family : Nymphaeaceae
  • Genus : Barclaya
  • Tingkat Kesulitan : Mudah
  • Kebutuhan Cahaya : Sedang - Tinggi
  • Ukuran : Tinggi 30-80cm
  • Pertumbuhan : Sedang
  • Harga Dalam Prosi : 1

Deskripsi tentang Barclaya Longifolia

Barclaya longifolia yang termasuk kedalam keluarga Nymphaceae, ditemukan di sebagian besar Asia Tenggara. Namun, tanaman ini tidak membentuk daun mengambang meskipun secara teknis diucapkan lily air. Daun Barclaya berbentuk memanjang, kemerahan menuju hijau, daun bergelombang membuat tanaman ini terlihat seperti Cryptocoryne jika dilihat sekilas, apalagi jika tanaman masih muda / kecil. Namun, tanaman tidak lama tanaman ini tumbuh besar berukuran sebanding dengan Echinodorus besar. Barclaya Longifolia ini ada beberapa variates ada yang berdaun merah dan juga berdaun hijau, yang terakhir saat ini berwarna kemerahan dibawah daunnya. Barclaya berdaun hijau tumbuh sedikit lebih besar daripada yang merah.

Seperti keluarga Nymphaeaceae lainnya, Barclaya longifolia dapat dibuat bonsai / kecil untuk waktu yang lama dengan cara membatasi ruang gerak akar, misalnya dengan menanam ke dalam pot kecil. Secara umum, Barclaya ini adalah tanaman yang relatif mudah asalkan mendapat cahaya yang cukup dan air yang cukup hangat (tidak di bawah 24 ° C). Biasanya menyerap nutrisi cukup nutrisi melalui air, tetapi dengan pupuk pada substrat lebih baik lagi. Perlu diingat bahwa akar Barclaya longifolia cenderung tumbuh lebih besar.

Meskipun tidak rentan akan kekurangan gizi,namun tanaman ini merupakan magnet untuk keong hama. Bahkan di dalam aqarium yang di mana keong bukan sumber bermasalah, daun Barclaya longifolia dapat dipenuhi lubang. Jadi, bersiaplah untuk melakukan sesuatu terhadap keong,karena daun tanaman barclaya ini  sangat lembut dan mudah rusak. Barclaya longifolia dapat beristirahat dari waktu ke waktu (Gugur). Selama fase istirahat ini, semua daun akan mati. Rimpang / Rhizome beristirahat selama beberapa minggu dan tumbuh daun baru setelah itu.

Propagasi adalah hal yang sangat menarik daripada tanaman itu sendiri. Secara umum, tanaman baru dapat terbentuk pada bagian bawah umbi tanaman yang lebih besar, namun bagaimanapun juga jauh lebih produktif jika melakukan propagasi seksual. Barclaya longifolia adalah salah satu tanaman yang paling mudah dibudidayakan melalui biji. tanaman yang sehat membentuk tangkai bunga secara teratur, yang terlihat sedikit mirip denganbunga poppy. Ketika bunga ini mencapai permukaan air, bunga terbuka dan bunga dapat melakukan peyerbuki sendiri.

Begitu benih mulai mengembangkan, ada bagian tebal dari bagian bunga yang ukurannya terus membesar, dan ketika benih sudah matang, bening akan lebur. Begitu tanaman telah mencapai tahap ini, dianjurkan untuk membuang tangkai bunga dengan juga bunganya. Di dalam kelopak, ada whiteish, substansi seperti jeli melampirkan banyak berduri dan biji kecoklatan. Jika Anda tidak membuang kelopak, biji akan menyebar di seluruh akuarium, tentu saja Anda tidak menginginkan hal ini.

Cuci substansi benih yang seperti jelly dan tabur benih di tanah berpasir di aquarium tenang dengan cahaya langsung. Jika Anda berencana akan menambahkan ikan di sana, pastikan menggunakan ikan yang tenang dan tidak suka menggali. Pendekatan lain selain cara tadi adalah dengan menanam benih di substrat berpasir di luar aquarium. Atau bahkan bisa juga menyebar benih di latar depan dari aquascape. Hanya beberapa bulan, dalam jumlah yang memadai tanaman muda akan mulai tumbuh. Ketika tanaman ini mencapai 6 sampai 10 cm, Barclaya longifolia dapat ditanami kembali ke dalam akuarium.

Barclaya longifolia membutuhkan banyak ruang untuk menampilkan keindahan. Dengan demikian, akuarium dengan ukuran 250 liter ke atas yang direkomendasikan.

Sebanding dengan beberapa Echinodorus besar, tidak mudah untuk menemukan tanaman yang cocok untuk dikelompokan bedara disekitar Barclaya longifolia. Oleh karena itu tanaman ini dapat digunakan sebagai tanaman soliter yang indah di latar belakang atau di samping akuarium.