Bacopa Caroliniana

 Stem Plant / 462 views

± Rp 15.000,00

Quick facts Tanaman Bacopa Caroliniana

  • Family : Plantaganaceae
  • Genus : Bacopa
  • Tingkat Kesulitan : Mudah
  • Kebutuhan Cahaya : Sedang - Tinggi
  • Ukuran : Stem 3-6cm
  • Pertumbuhan : Sedang
  • Harga Dalam Prosi : 10

Deskripsi tentang Bacopa Caroliniana

Bacopa caroliniana telah hadir menemani penghobi dalam dunia tanaman air selama bertahun-tahun. Asal-usulnya tanaman ini berada disebelah tenggara Amerika Serikat, di mana bacopa ditemukan di rawa-rawa, terendam serta emersed. Beberapa bentuk dari spesies ini dalam hasil budidaya, antara lain bentuk daun yang lebih kecil dan juga bentuk beraneka ragam lainnya. Meskipun yang terakhir saat ini tidak terlalu berbeda dengan bentuk awalnya. Salah satu karakteristik yang paling mencolok dari tanaman ini adalah memancarkan aroma lemon pada daun jika diremas.

Tanaman Bacopa caroliniana ini tidak tumbuh sangat cepat, tetapi membutuhkan banyak cahaya, setidaknya 0,5 watt per liter. Tumbuh sedikit lebih baik bila dibantu juga dengan dengan mikro dan macronutrients, dan juga penambahan Co2 untuk photosintesis.

Di bawah sinar yang intensif dan dengan rendahnya tingkat nitrat, Bacopa ini akan menghasilkan warna perunggu dan rona kecoklatan, dan ketika tingkat fosfat rendah, sedikit berwarna merah muda. Tanaman Bacopa ini juga dapat tumbuh secara emersed di daerah beriklim sedang, misalnya di tepi kolam, di mana ia tumbuh merayap degaan cukup cepat, tangkai berbulu dan memiliki karakteristik bunga berwarna ungu.

Memperbanyak tanaman Bacopa caroliniana ini sangat mudah, hanya memotong / stek pada bagian atas pucuk atau lateral dan menanamnya kembali seperti tanaman stem pada umumnya. Selain dari tangkai yang tadi yang kita tanam pada pangkal induk juga akan tumbuh kembali tunas baru yang nantinya dapat kita potong dan ditanam kembali.

Tanaman Batang (Stem Plant) Bacopa caroliniana akan terlihat indah didalam aquascape ketika ditanam dibuat seperti bukit atau ditanaman dalam kelompok berukuran menengah atau dalam akuarium yang lebih besar pada possi latar depan (background).