Aponogeton Madagascariensis

 Bulb Plant / 316 views

Quick facts Tanaman Aponogeton Madagascariensis

  • Family : Aponagetonaceae
  • Genus : Aponogeton
  • Tingkat Kesulitan : Sulit
  • Kebutuhan Cahaya : Sedang - Tinggi
  • Ukuran : Tinggi 30-60cm
  • Pertumbuhan : Cepat

Deskripsi tentang Aponogeton Madagascariensis

Aponogeton madagascariensis biasanya ditemukan berada dalam air yang bergerak di pulau Madagaskar. Memiliki daun yang unik seperti renda (fenestrated), dan menumbuhkan spesies ini memiliki tantangan tersendiri bagi penghobi sejak tahun 195oan. Var. Madagascariensis adalah tanaman yang berukuran besar dengan daun tipis yang panjangnya bisa mencapai hingga 1 meter termasuk dengan tangkai daun.

Varietas ini memiliki bunga berwarna merah muda atau ungu dan biasanya dengan lima spikes (mahkota), dan bunga-bunga ini tidak dapat dibuahi sendiri. Batang bunga Aponogenton madagascariensis bisa sampai 1,5 cm. Jika Aponogeton madagascar mencapai ukuran maksimal, tanaman ini akan menjadi terlalu besar untuk aquarium yang berukuran kurang dari 500 liter.

Semua varietas Aponogeton madagascariensis, lebih stabil jika ditanamn langsung ke dalam substrat berbahan organik rendah. substrat yang kaya nutrsisi, atau beberapa penghobi yang menambahkan gambut atau pupuk harus dihindari. Karena titik gelap dan warna kecoklatan pada daun tua yang menyebar sampai seluruh daun dan akhirnya mati menunjukkan bahwa terlalu kaya nutrisi pada substrat. Kehadiran akar dari tanaman lain juga membantu tanaman renda ini mendapatkan keseimbangan. Idealnya, ‘tanaman pendamping’ seharusnya tidak tumbuh terlalu cepat atau menutupi daun tanaman renda ini.