Anubias Barteri var. Nana

 Rhizome Plant / 746 views

± Rp 20.000,00

Quick facts Tanaman Anubias Barteri var. Nana

  • Family : Araceae
  • Genus : Anubias
  • Tingkat Kesulitan : Mudah
  • Kebutuhan Cahaya : Rendah
  • Ukuran : Tinggi 5-15cm
  • Pertumbuhan : Lambat
  • Harga Dalam Prosi : 5-8 Daun

Deskripsi tentang Anubias Barteri var. Nana

Anubias adalah tanaman merambat yang tahan banting yang berasal dari Afrika, tetapi memang varietas anubias ini kebanyakan berukuran terlalu besar untuk akuarium yang berukuran normal. Namun, Anubias nana merupakan salah satu varietas anubias yang berukuran lebih kecil, tumbuh hanya sekitar 5 -15 cm (tinggi). Seperti Anubias lain pada umumnya, Anubias Barteri var. nana juga tumbuh sangat lambat, sekitar satu atau dua daun baru dalam sebulan. Memiliki ciri khas daun tebal dan kaku dan hampir tidak akan ada yang memakannya, sehingga sangat cocok untuk akuarium dengan jenis ikan yang cenderung merusak.

Anubias mirip dengan Java Ferns dalam hal pertumbuh, tanam ini tumbuh dengan rhizome atau rimpang yang tidak harus dikubur dalam substrat. Untuk hasil yang baik, ikat rhizome anubias pada sepotong kayu atau batu, dan tidak lama akar Anubias akan segera menempel pada media tersebut. Penempatan anubias juga harus diperhatikan karena tanaman ini merayap secara horizontal dan tumbuh dalam satu arah, jadi penempatannya harus pas.

Dalam proses triming atau pemangkasan anubias, cukup potong saja pada bagian rhizome dengan gunting atau pisau, namun pastikan untuk memotong rhizome cukup mengandung beberapa daun jika Anda berniat untuk menanamkan kembali potongan hasil pangkasan untuk tumbuh menjadi group yang lain.

Ada beberapa tuntutan untuk Anubias nana ini terutama dalam hal nutrisi dan cahaya. Karena pertumbuhan daun anubias begitu lambat dan berlangsung begitu lama, cahaya yang tinggi bisa menyebabkan tumbuhnya ganggang / alga pada permukaan daun. Oleh karena itu, anda bisa menghindari penempatan Anubias nana pada cahaya langsung, atau dengan menggunakan cahaya rendah pada akuarium. Anubia nana hampir bisa tumbuh tanpa adanya penambahan pupuk. Bahkan dengan pemberian pemupukan dan CO2, tidak akan banyak melihat peningkatan pertumbuhan, walaupun memang dengan penambahan pupuk dan CO2 ada perbedaan pertumbuhan.

Tanaman air Anubias nana ini sangat cocok untuk pemula atau bagi mereka yang tidak ingin direpotkan dengan perawatan petumbuhan tanaman karena ikan yang merusak atau cahaya rendah, Anubias nana dapat menambahkan kontras ke aquascape dengan daun hijau terang dan rimbun dan hanya memerlukan sedikit atau bahkan tidak diperlukan perawatan.