Anubias barteri var. nana "Marble"

 Rhizome Plant / 459 views

Quick facts Tanaman Anubias barteri var. nana "Marble"

  • Family : Araceae
  • Genus : Anubias
  • Tingkat Kesulitan : Mudah
  • Kebutuhan Cahaya : Rendah
  • Ukuran : Tinggi 5-14cm
  • Pertumbuhan : Lambat

Deskripsi tentang Anubias barteri var. nana "Marble"

Tidak jauh berbeda dengan anubias nana, yang membedakan Anubias Barteri Var Nana “Marble” yaitu memiliki corak pada daunnya yang terlihat seperti corak pada batu marmer. Tanaman ini adalah kultivar lain dari Anubias Nana. Corak pada daun yang terlihat seperti marmer ini adalah karena sesuatu yang disebut trasposon, potongan kecil kecil yang bisa melompat ke dalam dan keluar dari untaian DNA.

Jika melompat ke dalam helai yang membuat klorofil atau pigmen mencegah gen menjadi kurangnya warna pada daun. Keanehan ini tidak stabil dan bisa hilang kapan saja namun hal ini tetap membuat tanaman ini unik dan menarik. Anubias Barteri Var Nana Marble ini dapat tumbuh di berbagai parameter air meskipun dengan tambahan nutrisi serta asupan CO2 tidak akan tertalu membantu tanaman ini untuk tumbuh lebih cepat.

Anubias Barteri Var Nana Marble akan tumbuh baik pada tingkat pencahayaan yang rendah seperti halnya spesies anubias lainnya dan ini akan membuat tanaman terbebas dari algae. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan memotong rhizome/rimpang ke dalam beberapa bagian dan menempatkannya pada sebuah media seperti batu atau kayu, jangan mengubur bagian rhizome/rimpang karena tanaman akan membusuk dan mati. Anubias Barteri Var Nana Marble dapat tumbuh secara emersed dan justru menumbuhkan dengan metode emersed lebih baik untuk spesies tanaman yang satu ini. Tanaman ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pemula karena tidak terlalu sulit dan mudah perawatannya.