Anubias Barteri var. Barteri

 Rhizome Plant / 395 views

Quick facts Tanaman Anubias Barteri var. Barteri

  • Family : Araceae
  • Genus : Anubias
  • Tingkat Kesulitan : Mudah
  • Kebutuhan Cahaya : Rendah
  • Ukuran : Tinggi 24-45cm
  • Pertumbuhan : Lambat

Deskripsi tentang Anubias Barteri var. Barteri

Anubias barteri var. barteri, penamaan tanaman ini pertamakali oleh seorang kolektor tanaman yang bernama Charles Barter, dan menjadikan tanaman ini tanaman yang populer secara umum untuk akuarium, sebagian besar karena kemudahan perawatan tanaman ini.

Di habitat aslinya tanaman ini tumbuh dan sekitar wilayah yang teduh, dekat dengan aliran sungai dan atau anak sungai di tenggara Afrika Barat. Anubias tumbuh di atas batu-batu besar atau batang pohon yang sudah tumbang, melekat erat, di atas permukaan air atau semi-emersed, namun ada juga yang  sepenuhnya terendam.

Di penjual tanaman hias untuk aquscape, spesies ini sangat mudah ditemukan. Ada juga spesimen yang lebih kecil dari Anubias barteri var. barteri seperti Anubias barteri var. nana cukup gampang dan juga memiliki daun yang lebih kecil dengan tangkai lebih panjang.

Anubias barteri var. barteri sangat toleran terhadap kondisi pertumbuhan yang buruk, tanaman ini bisa dibilang bisa tumbuh dalam kondisi apapun bahkan dalam pencahayaan yang sangat rendah (0,25 W / L) dan tanpa penambahan CO2. Namun, jika dengan cahaya yang tinggi dan dengan tambahan CO2 pertumbuhan akan lebih cepat dan membentuk daun yang lebih besar. kesadahan air dan pH tidak memainkan peran penting. Arus  yang kuat akan memberikan keuntungan dan membantu mencegah tumbuhnya alga, terutama dengan pencahayaan yang tinggi.

Berbeda dengan Anubias barteri var nana yang sangat populer. Rhizome dari varietas ini cenderung tumbuh tegak bahkan di sepanjang substrat. Tingkat pertumbuhan anubias sebagaimana kita tahu termasuk kedalam pertumbuhan yang lambat, namun bagaimanapun, A. barteri var. barteri ini dalam spesies Anubias termasuk kedalam pertumbuhan yang paling cepat.

Untuk budidaya atau perbanyakan tanaman ini, cukup potong pada rhizome. Dan nantinya pada potongan ini akan membentuk tunas lateral . Untuk penempatan Anubias barteri var. barteri yang cocok adalah untuk daerah tengah (midground) dan latar belakang (background) dan terutama untuk ukuran akuarium yang besar.

Tanaman Anubias ini selain digunakan pada aquascape juga sangat cocok untuk digunakan dalam paludarium baik itu didalam air atau tumbuh sebagian emersed.