Alternanthera Reineckii "roseafolia"

 Stem Plant / 336 views

± Rp 15.000,00

Ada sekitar 170 spesies yang diketahui dari genus Alternanthera . Alternanthera reineckii pertama kali diimpor ke Negeri Belanda pada tahun 1965 dengan nama Telenthera Osiris. Tanaman ini dianggap merupakan salah satu dari beberapa spesies dalam genus yang dapat tumbuh sepenuhnya didalam air. Tanaman alternanthera ini berasal dari Amerika Selatan, di mana Alternanthera ditemukan di sepanjang aliran sungai di daerah yang secara berkala banjir selama musim hujan.

Lebih dari lima varietys berbeda dari Alternanthera yang dibudidayakan. Alternanthera reineckii “Rosa” salah satunya, namun ada juga yang menyebut dengan sebutan lain seperti  “Alternanthera roseafolia” atau  Alternanthera “pink”.

Alternanthera reineckii “roseafolia” dapat tumbuh dengan intensitas cahaya sedang dan tanpa tambahan fertilisasi CO2, namun hasilnya tidak akan mencapai pertumbuhan yang maximal. Baiknya menggunakan intensitas cahaya sedang-tinggi (0,4-1 watt per liter) dan dengan memberikan CO2 agar bisa mencapai kondisi yang ideal.

Seperti tanaman pigmen merah lainnya, Alternanthera juga lebih menyukai lingkungan yang kaya nutrisi dengan kadar nitrat (10mg / l atau lebih) dan fosfat (0,5 mg / l atau lebih). Didalam air yang memiliki kandungan gizi yang lebih rendah, bisa disiasati dengan cara pemupukan melalui substrat sehingga dapat meningkatkan kesehatan tanaman secara keseluruhan dan juga kecepatan pertumbuhan.

Ketika pertama menanam tanaman ini, pastikan Anda memberikan jarak antara batang Alternanthera. Karena Spesies ini mudah untuk menyebarkan dengan teknik stek, hanya tinggal potong dan pada ujung tanaman anda tanam kembali ke dalam substrat. Pada bagian sisa batang, tunas baru akan segera tumbuh, yang membuat tanaman menjadi lebih lebat.

Warna ungu dari bagian sisi bawah daun membuat Alternanthera reineckii “Roseafolia” menjadi kontras dengan spesies tanaman berjenis daun hijau, terutama ketika ditanam dalam sebuah kelompok. Tiga sampai lima tunas yang kuat dapat digunakan untuk menetapkan aksen warna di latar belakang. Pada Aquascape bergaya natural, tanaman ini tidak terkenal atau tidak banyak digunakan. Namun, dalam Aquascape bergaya Belanda atau Ducth tanaman merah ini sangatlah populer.

  • Family : Amaranthaceae
  • Genus : Alternanthera
  • Tingkat Kesulitan : Sedang
  • Kebutuhan Cahaya : Medium
  • Ukuran : Individual stem 10-15cm
  • Pertumbuhan : Sedang
  • Harga Dalam Prosi : 10