Munculnya Lapisan Minyak Pada Air Aquascape

Para aquascaper yang sudah terejun kedunia aquascaping pasti ada yang pernah mengalami dimana permukaan air aquascapenya tidak jernih, tetapi terhalang oleh munculnya lapisan minyak pada air aquascape . Mungkin bertanya tanya apa ini? apakah ada yang membuang minyak goreng ke aquascape ?. Munculnya lapisan minyak pada air aquascape ini adalah hal yang alami dan sudah biasa terjadi, namun tentunya dengan adanya penomena ini tentu sangat menggangu keindahan aquascape itu sendiri.

Munculnya lapisan minyak pada air aquascape

Lapisan minyak ini sebenarnya adalah protein bisa disebut juga protein bio-film dalam beberapa istilah bahasa inggris disebut surface scum. Ini sebenarnya adalah lapisan protein alami yang terbentuk mengambang diatas permukaan air. Hal ini disebabkan karena protein yang dihasilkan seperti dari makanan ikan , kotoran ikan dan bahkan bangkai ikan yang sudah mati menghasilkan lemak dan hal ini tidak terurai secara sempurna sehingga menyisakan protein dan mengambang dipermukaan air aquascape. Beberapa sumber mengatakan munculnya lapisan minyak pada permukaan air tank ini justru menunjukkan tank kita sehat.

Kenapa lapisan protein ini bisa timbul? Munculnya lapisan minyak pada air aquascape disebabkan karena tidak adanya yang mengganggu permukaan air seperti selang air dari filter yang tercelup air sehingga tidak menimbulkan riak pada permukaan air.

Cara menghilangkan lapisan minyak pada air aquascape

  • Solusi yang paling mudah untuk menghilangkan lampisan minyak ini adalah dengan membuat surface agitation atau riak air dengan cara menempatkan selang air dari filter di atas permukaan air dengan sendirinya minyak akan tercampur dengan air dan di proses di dalam filter. tetapi cara ini tidak direkomendasikan karena apabila di lakukan terus menerus, riak air akan mengurangi kadar CO2 terlarut di dalam air secara perlahan.
  • Cara lain yg cukup aman adalah dengan Meniupkan Kipas kedalam air aquascape (Kipas pendingin aquascape) namun angin yang ditiupkan harus cukup kencang agar lampisan minyak ini hilang.
  • Bagi anda yang memiliki cukup uang bisa membeli alat penghilang lapisan minyak yaitu surface skimmer yang dijual di toko aquarium.
  • Dengan cara Alami yaitu dengan cara memasukkan ikan-ikan permukaan seperti molly dan guppy yang akan memakan kelebihan minyak di permukaan air.