Mengenal gejala Multi Tank Syndrome

Bagi penikmat landscape didalam air, dan sangat menyukai akan dunia aquascaping ini, tentunya pasti akan merasa adem melihat keindahan aquascape. Melihat pertumbuhan tanaman dalam aquarium kita juga menjadi salah satu kenikmatan dalam beraqscape. Subhanallah maha suci dan maha besar Allah dengan segala keindahannya .

Walaupun kita sudah memiliki sebuh aquascape yang bagus, adakalanya kita tidak merasa cukup dengan setup aquascape yang sudah kita miliki. sebagai contoh kita sudah memiliki setup aquascape natural dan sudah tumbuh dengan subur tapi kita juga kadang ingin mempunyai setup aquscape dengan tema lainnya , iwagumi contohnya. namun sayang jika harus merubah aquascape yang sudah ada karena pertumbuhannya sudah bagus sayang jiga harus dirombak ulang. Sehingga banyak yang mencari solusi dengan menambah tank baru.

Terkadang dalam menambah aquarium, tidak cukup dengan menambah satu aquarium saja dan sekali saja malahan bisa smpai 4 sampai 5 kali menambah aquarium, nah yang seperti ini lah yang merupakan gejala yang memabukan. gejala ini dikenal dengan nama MTS atau Multi Tank Syndrome. dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang Mengenal gejala Multi Tank Syndrome bagi para aquascaper.

Multi Tank Syndrome
Salahsatu photo Aquascpe Galeri milik Moc. Adam

Mengenal gejala Multi Tank Syndrome

MTS atau Multi tank Syndrome adalah gejala dimana kita sudah mengalami kecanduan aquascaping, ditandai dengan mempunyai lebih dari satu aquascape dan selalu terdorong untuk membuat dan membuat lagi. Kata-kata tersebut adalah penjelasan yang saya ambil dari kamus istilah aquscaping.

MTS ini sebenernya tidak terlalu berbahaya jika memang kita mampu untuk memuaskan hasrat akan memiliki lebih dari satu aquarium. memuaskan hasrat MTS adalah dengan membeli perlengkapan aquascape dan yang pastinya harus mengeluarkan uang yang tidak sedkit. dengan istilah lain, jika kita punya banyak uang MTS ini tidak terlalu berbahaya. Tapi tentunya para aquascaper diindoneisa datang dari berbagai kalangan. tidak sedikit para aquscaper memulai hobi aquascapenya dari berDIY alias merakit sendiri dengan biaya murah. tentunya dengan adanya gejala Multi Tank Syndrome ini akan sedikit menguras tabungan. xixixi. disini kita harus pandai pandai dalam memutuskan menambah aquarium atau tidak.

sedikit quotes dari aqusscaper dunia

“Multiple tank syndrome, it’s real,” . “There’s no antibiotic for that.”