Memelihara Udang Hias Air Tawar Pada Aquascape

Memelihara udang air tawar bisa sangat bermanfaat. Jika sudah bosan dengan memelihara ikan dan ingin sesuatu selain ikan di aquascape dan yang membutuhkan perawatan yang simple, udang hias air tawar bisa menjadi pilihan. Bahkan, banyak scaper yang hanya memelihara udang saja pada aquascapenya. Saat ini sudah banyak variasi jenis udang yang bisa di pelihara sama halnya seperti kita memelihara ikan. Karena udang hias yang dijual bervariatif ukuran dan warnanya, mulai dari yang sangat mudah untuk dipelihara sampai yang cukup sulit, dan keduanya ada yang beberapa mudah berkembang biak pada akuarium air tawar. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika ingin memelihara udang hias pada Aquarium.

Crystal Red Shrimp
Crystal Red Shrimp

Pertimbangan memelihara udang hias air tawar pada aquascape

Pertama, yang harus dipertimbangkan adalah lingkungan aquascape yang anda miliki atau aquariumnya. Udang sendiri terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran, tetapi secara umum udang berada pada sisi ukuran yang lebih kecil. Hal ini bisa membuat mereka menjadi makanan ringan yang lezat untuk ikan yang lebih besar. Jika memiliki ikan besar, seperti Oscar atau cichlids lainnya, Anda mungkin harus menghindari memelihara udang hias karena hal ini hanya akan membuang-buang uang Anda saja. Karena ikan tertentu yang lebih besar akan memakan udang Anda yang ada beli untuk anda pelihara. Pencampuran udang dengan ikan juga tidak selalu menjadi investasi yang baik karena fakta bahwa jika Anda membeli jenis udang yang tidak berkembang biak dengan mudah, bayi udang kemungkinan besar tidak akan berkembang akibat populasi dalam aquarium. Populasi udang sendiri tidak akan bertambah dan udang yang lebih tua akan mati.

blue tiger shrimp
Blue Tiger Shrimp

Kedua, harus memperhatikan faktor internal terutama input filter akuarium. Kenapa? Karena Hal ini bisa membahayakan undang dan juga bisa menjadi mesin pembunuh jika kita tidak hati hati dalam perawatan filter. Kebanyakan udang akan tersedot jika input filter tidak kita lindungi, karena udang juga sering melakukan pekerjaan bersih bersihnya pada area input filter . Jadi jika ingin memlihara udang bisa lindungi input filter dengan hairnet atau busa. Agar bayi udang maupun udang deasa tidak tersedot oleh filter.

Cardinal Sulawesi Shrimp
Cardinal Sulawesi Shrimp

Parameter Air

Ketiga, pastikan jenis udang yang Anda pelihara tersebut sesuai dengan kondisi Air pada akuarium. Neocaridina japonica, atau udang Amano, udang yang rajin memakan alga ini bisa tumbuh sampai 3cm panjangnya, tetapi telur udang amano ini tidak akan menetas pada air tawar untuk.

Lebih detail mengenai Udang Amano bisa dibaca dalam artikel Udang amano yang rajin memakan alga

Tetapi ada juga udang hias air tawar yang paling cocok untuk aquascape Redbee misalnya udang yang memiliki pola yang bagus namun sangat sensitif terhadap kondisi air, tetapi akan berkembang biak dengan cepat jika kondisi cocok. Untuk tahap awal anda bisa mencoba memelihara Udang red Cherry . udang ini tidak terlalu sensitif terhadap kondisi air dan juga bisa berkembang biak pada air tawar.

udang amano
Amano Shrimp

Terkahir, udang memang hanya harus dimasukkan ke dalam aquarium yang sudah mature atau setabil karena udang sangat sensitif terhadap kondisi air terutama amonia dan nitrat. Ibarat kata udang itu lebih pilih-pilih tentang parameter air. Saya telah menemukan bahwa menambahkan pupuk tertentu yang mengandung unsur tidak bagus atau akibat kelebihan dosis akan membunuh Udang. Bahkan memberi makanan udang juga harus diperiksa untuk memastikan makanan tersebut tidak akan terlalu berpengaruh terhadap parameter Air.

Secara keseluruhan, udang merupakan tambahan yang sangat baik untuk aquascape, dan akan menambah varian warna, enak dipandang, dan yang lebih penting bisa membantu membersihkan Aquascape.