Kesalahan Yang Membuat Tanaman Susah Tumbuh Dalam Akuarium

Mempunyai akuarium yang enak dipandang merupakan impian setiap penghobi ikan hias. Menghias akuarium dengan tanaman air dapat menciptakan ekosistem buatan yang lebih mirip ekosistem alami bawah air. Tanaman air hias tersebut juga dapat membuat akuarium lebih indah. Meskipun demikian, ada stereotip buruk yang sering dikeluhkan penghobi akuarium jika menumbuhkan tahaman hias dalam akuarium sangat sulit dilakukan. Stereotip buruk lainnya antara lain banyaknya hama lumut, tanaman mudah mati, dll.

Masalah diatas lebih disebabkan beberapa kesalahan yang umum dilakukan penghobi akuarium tanaman. Salah kaprah tersebut meluputi beberapa hal yang umum diyakini mendukung tumbuhnya tanaman hias dalam akuarium namun faktanya justru kontradiktif. Berikut ini adalah salah kesalahan pemeliharaan akuarium tanaman yang sering ditemui.

  1. Durasi pencahayaan terlalu lama

Tanaman butuh cahaya untuk berfotosintesa dan semaking banyak cahaya semakin baik untuk pertumbuhan tanaman. Faktanya, terlalu banyak pencahayaan justru kontraproduktif. Disarankan pencahayaan tidak lebih dari 8 jam sehari dan bisa dikurangi menjadi 6 jam jika ditemukan pertumbuhan alga.

Aquarium Penuh Alga

kesalahan berikutnya adalah tanaman merah susah tumbuh dalam akuarium. Fakta sebenarnya, tanaman merah butuh lebih banyak cahaya langsung dibandingkan tanaman hijau sehingga pengaturan tanaman hias diperlukan sehingga tanaman merah tidak tertutupi tanaman yang berdaun lebar.

Satu hal penting tentang pencahayaan, lampu akuarium umumnya didesain efektif untuk jangka waktu 6-12 bulan. Pastikan pergantian bola lampu secara rutin untuk mengoptimalkan efek pencahyaan.

  1. Kecukupan Pemupukan

Pupuk adalah faktor penting dalam pemeliharaan akuarium tanaman. Tanaman hias perlu nutrisi yang layak untuk tumbuh optimal. Banyak penghobi akuarium salah kaprah dalam menentukan jumlah pupuk dan durasi pemupukan. Banyaknya komplain tentang tanaman yang susah tumbuh ternyata berpangkal pada nutrisi yang kurang. Baik mengunakan metode pemupukan cair atau pupuk tancap, dosis harian yang mengcukupi perlu diperhatikan. Pertumbuhan tanaman juga perlu dimonitor tiap hari untuk memastikan kecukupan nutrisi dan faktor-faktoryang lain.

  1. Kepadatan Tanaman

Salah kaprah yang lain disebabkan tanaman yang terlalu padat. Hal ini juga faktor utama tanaman susah tumbuh optimal. Padatnya tanaman menyebabkan kekurangan nutrisi dan juga kurang mendapat pencahayaan yang optimal. Bagian dari perawatan rutin adalah pemangkasan tanaman yang terlalu rimbun dan padat dan disarankan dilakukan sekali dalam satu minggu.

Tanaman Aquascape Penuh

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan jika tanaman air hias susah tumbuh dalam akuarium tidak lebih dari stereotip buruk yang disebabkan berbagai salah kaprah dalam perawatan dan pemeliharaan akuarium tanaman. Kuncinya ada pada pemilihan media tanam yang tepat, pencahayaan yang sesuai, dan pemupukan yang cukup. Fokus pada tiga kunci diatas plus komitmen pada perawatan rutin, anda bisa mempunyai akuarium tanaman hias yang indah.

sebuah pepatah mengatakan “Lebih” tidak selalu lebih baik. Terkadang sesuatu yg terlalu berlebihan malah menjadi tidak bagus.