Jenis Keong Yang Banyak digunakan dalam Aquascape

Bagi pecinta Aquascape tentunya sudah tidak asing lagi dengan flora dan fauna yang banyak digunakan dalam ekosistem taman dibawah air ini. Ekosistem flora dan fauna ini saling berkaitan satu sama lainnya. Bukan hanya sebagai hiasan tetapi memiliki kegunaan sendiri-sendiri untuk tercapainya keindahan alam diabawah air. Salah satunya adalah keong. kali ini saya akan membahas tentang keong, keong merupakan salah satu hewan yang mempunyai peran yang sangat penting terutama dalam hal pembersihan, seperti membersihkan alga pada tanaman atau lumut yang menempet di kaca Akuarium.

Saat ini ada banyak sekali jenis keong yang banyak digunakan dalam Aquascape. dan dari beberapa jenis keong tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda.

  1. Keong Tanduk (Horn Snail)

keong tanduk sesuai dengan namanya keong ini memiliki ciri khas yang unik yaitu memiliki tanduk  pada cangkangnya dan memiliki warna-warna corak yang menarik pada cangkang tubuhnya biasanya yang banyak ditemukan keong tandung ini berwarna hitam kuning seperti warna lebah yang melingkar pada tubuhnya. Di habibat aslinya keong bisa ditemukan ditepian sungai dengan air yang mengalir . keong ini biasa menempel pada dedaunan, batang kayu, akar dan batuan. jika kalian ingin memelihara keong tanduk pada akuarium, usahakan keadaan akuarium dibuat seperti halnya pada habitat aslinya, seperti memberikan arus dan juga menambahan kayu atau akar ke dalam akuarium.

keong Tanduk Keong Aquascape
Keong Tanduk (Horn Snail)

Manfaat dari keong tanduk  ini adalah sebagai pemakan alga dan juga membersihkan sisa-sisa makanan ikan yang ada dalam akuarium. Pada habitat asli keong tanduk bisa hidup mencapai 3-5 tahun lamanya.

Ukuran Maksimum: 2,5 cm
Suhu: 21 – 27C
pH: 6,5 hingga 8,0
GH: 4- 8
Perilaku: peaceful & pemakan alga

2. Keong Turbo (Neritana Natalensia)

Keong turbo adalah keong yang memiliki bentuk paling besar diantara keong – keong yang banyak digunakan untuk Aquascape. Ukuran keong turbo bisa mencapai 3cm dan juga keong ini oleh beberapa penghobi sering disebut keong zebra karena warna loreng yang melingkar pada tubuhnya membuat keong ini dijuluki sebagai keong zebra. selain warna dan ukuran ciri khas keong ini bergerak leih cepat dari keong lainnya.

Keong Turbo Keong Aquascape
Keong Turbo

 

Keong ini bisa anda dapatkan di sungai perairan air payau pada arus yang lumayan deras. Keong tanduk berfungsi membersihkan akuarium memakan alga, sisa makanan ikan dan memakan dedaunan yang mati.

3. Keong Assassin

Keong Assassin
Keong Assassin

Serem ya , ada Keong assassin. Keong ini memiliki nama yang unik dan dinamakan assassin karena fungsinya dalam aquascape.  keong ini memiliki bentuk yang berbeda dari 2 keong yang sudah saya bahas diatas, keong assassin sangat unik dan memiliki bentuk panjang mengkrucut. Keong assassin disukai para aquascapers karena membantu menjaga tank akuarium dari keong hama (baca:keong Jahat) yang tidak diharapkan. Jika kita lihat keong ini sering mengelilingi tank dan mencari mangsa dengan gerakan santai tapi tepat sasaran layaknya assassin, jadi jika kalian melihat ada cakngkang keong yang berserakan itulah hasil daripada kerja keong assassin sang pembunuh keong hama. Keong assasin memakan isi dari keong hama karena memang keong assasin keong karnivora.

4. Keong Bawang

keong bawang Aquascape

Secara kasat mata, kalau kita lihat dari bentuk keong ini hampir mirip dengan keong turbo yang sudah kita bahas.  haya saja yang membedakan keong bawang dan keong turbo adalah corak yang dimiliki masing-masing keong ini, keong bawang memiliki corak titik-titik hitam dengan warna tubuh merah gelap. sedangkan untuk sifat dan kegunaan keong ini tidak jauh berbeda dengan keong turbo malah sama saja dengan keong turbo dari mulai cara makan sampai prilakunya tidak jauh berbeda.

5. Keong Ramshorn

Keong Ramshorn
Keong Ramshorn

Keong Ramshorn lebih dikenal dengan keong hama. Kehadirannya sering tidak diundang dan tiba-tiba datang dalam tank. keong ini bercangkang transparan dengan warna yang sering dijumpai adalah coklat atau orange. Namun ada juga keong Ramshorn yang berwarna biru dan merah. Keong hama ini termasuk omnivora, memakan beberapa tumbuhan dan makanan udang. Apabila makanan ikan atau udang dalam tank berlebih maka keong ini akan sangat cepat sekali berkembang biak dan segera memenuhi tank. perkembangbiakan keong Ramshorn dengan cara bertelur. Meraka meletakkan telur dimana saja dalam tank sehingga sulit diambil. Pengendalian populasi keong ini bisa menggunakan keong assassin atau diambil secara manual. Walaupun keong ini keong hama, namun dalam jumlah yang sedikit keong ini dapat membantu mengurangi kadar nitrat dalam tank.

6. Koeng Terompet

Keong terompet
Keong terompet

Banyak manfaat yang bisa dihasilkan oleh keong terumpet terutama pada ekosistem akuarium. Keong terumpet memliki warna coklat gelap, berbentuk spiral kerucut memanjang. berbeda dengan keong yang lainnya keong ini tidak memakan alga melainkan memakan dedaunan yang mati dan sisa-sisa makanan ikan. selain itu keong terompet juga dapat mengurai kotoran dan membuat subtrat lebih subur. Tapi kalian harus tetap awas kalau ingin memelihara keong terumpet usahakan jika dalam sebuah aquasape usahakan memakai subtrat yang lumayan agak padat seperti pasir silika, soil dan sebagainya , jangan sampai memakai pasir malang karena textur pasir malang sangatlah ringa dan kurang padat kenapa demikian keong terumpet suka menggali subtrat maka kemungkinnan akar tumbuhan akan terangkat dan terlepas pada subtrat.