Inspirasi Pinheiro Manso​ 2008

Pinheiro Manso​
Pinheiro Manso​

Bagi anda yang lagi mencari inspirasi untuk setting aquascape, dalam artikel inspirasi kali ini datang dari Inspirasi Pinheiro Manso​ 2008  yang dibuat oleh Filipe Oliveira pada tahun 2008. Filipe Oliviera adalah aquascaper handal yang sudah lama terejun ke dunia aquascaping sudah lebih dari lima belas tahun . pada saat journal ini di publikasikan Filipe Oliveira berumur 33 tahun dan tinggal di Opoto Portugal

Inspirasi Filipe sendiri yaitu dari tempat tinggalnya di potugal dimana ditempat tinggalnya masih dikelilingi oleh alam dan banyak pepohonan, Inspirasi ini mengingatkan Filipe ketika masih kecil banyak kenangan bersama teman-temannya sering bermain di hutang dan dipepohonan.

Filipe memberi judul Aquascape miliknya denganPinus pinea (Pinheiro Manso – nama Inggris) yang merupakan pohon asli yang umum ditemukan di Portugal dimana memiliki dedaunan berbentuk bulat yang sama.

Memasang Moss

Untuk membuat pohon ini Filipe menggunakan tiga potong kayu. Dengan menggabungkannya bersama-sama sehingga tercipta satu pohon besar. Pembuatan pohon seperti ini bukan merupakan pertamakalinya , sehingga untuk pembuatan kali ini Filipe mencoba untuk menghindari beberapa kesalahan yang pernah dibuat dalam menciptakan reflika pohon. Hal yang paling penting disini untuk melampirkan moss dengan cara menyebar secara alami sehingga nantinya menempel dengan sendirinya pada cabang-cabang kecil. Karena jika tidak menempel pada ranting ranting, moss akan gampang mengambang dan itu akan menyulitkan dalam proses memangkas (triming). Seiring waktu pertumbuhan di bawah moss akan Menjadi lemah dan mati. Karena itu dengan memiliki banyak cabang yang lebih kecil moss akan melekat pada bagian yang berbeda . Cabang-cabang yang lebih kecil bertindak seperti jangkar untuk menjaga lumut agar tidak melayang.

 

AQUASCAPING TECHNIQUES
AQUASCAPING TECHNIQUES

Inspirasi Pinheiro Manso​ 2008

Pinheiro Manso​
Pinheiro Manso​

Setup:
Nama: Pinheiro manso

Dimensi: 55x35x35 67liter
Penyaringan: AquaClear 20
Suhu: 25º
Substrat: ELOS Bottom mineral, ELOS Terra Zero dan ELOS Terra Small
CO2: botol 1L DIY dengan diffuser Elos ATO-10 + 1bps
Lighting: T5 3x24w Rail 6.000k
Pemupukan: ELOS Fase1, Fase2, K40 dan Extra1

Flora: Utricularia graminifolia, Eleocharis parvula dan Vesicularia dubyana
Fauna: Iriatherina werneri maculatus Boraras dan Otocinclus affinis
Invertebrata: Neocaridina heteropoda var. merah dan Caridina cf. cantonensis ‘Tiger’
Bahan (hardscape) three pieces of wood

Perawatan

berikut perawan yang dilakukan Filipe agar aquascape miliknya tetap terlihat indah yaitu dengan mengganti air setiap minggu 20%-50% melakukan pemangkasan (triming) dua minggu sekali agar bentuknya tetap terjaga. berikut Inspirasi Aquascape semoga menjadi inspirasi bagi anda yang mau melakukan setting.