Ikan Yang Cocok Untuk Penghias Aquascape

Aquascape sebagai media yang sangat indah untuk dipandang, tentunya akan sedikit kurang lengkap jika kita tidak menambah beberapa penghias seperti ikan kedalamnya. Karena seperti tujuan awalnya Aquarium adalah sebuah media bagi kita untuk melihat ikan yang cantik di dalam ruangan. Untuk itu aquarium Aquascape tentunya diperlukan adanya ikan sebagai penambah cantik aquarium tanaman anda. Namun karena aquascape ini lebih menekankan kepada keindahan alam yakni tanaman, tentunya pemilihan ikan juga harus yang sesuai dengan tujuan aquascape itu sendiri.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang ikan yang cocok untuk penghias aquascape. kenapa saya memilih judul ini karena tidak semua jenis ikan bisa dimasukan ke dalam aquarium aquascape. Ada beberapa jenis ikan yang tidak cocok sebagai ikan aquascape karena bisa merusak tanaman yang ada pada aquarium atau menggangu penghuni lainnya seperti udang dll.

Jenis Ikan Aquascape

Untuk pemilihan ikan hias aquascape disarankan memilih ikan yang tidak akan merusak tanaman. jangan memilih ikan yang hobi nya memakan tanaman atau ikan yang terlalu agresif. Carilah ikan yang cocok untuk Aquascape anda dan berikut ikan untuk Aquascape yang disarankan sebagai penghias aquascape anda :

  • Rasbora Harlequin

Rasbora Harlequin
Rasbora Harlequin

Ikan ini juga dikenal dengan nama Rasbora heteromorpha. Ikan ini mememiliki semburan hologram warna merah disisiknya bisa tumbuh sampai 5cm. Ikan ini berperangai kalem dan suka berkelompok karena itu ikan ini sangat cocok untuk aquascape

  • Cardinal Tetra

cardinal tetra
cardinal Tetra

ikan Cardinal Tetra termasuk ikan sangat indah, karena warna sisiknya perak dan berwarna merah metalik bisa terlihat menyala . Ukuran ikan ini berkisar 2-3 cm, ikan ini suka berkelompok dan aman terhadap udang.

  • Rasbora Galaxy

galaxy rasbora
galaxy rasbora

Celestrial Pearl Danio atau dikenal dengan ikan Galaxy Rasbora adalah Ikan hias yang benar-benar mini dengan panjang standard 1, 5 – 2 cm, Seperti spesies danio lainnya, ikan ini juga memiliki sifat serta runitas dan pmbawaan yang tenang. Galaxy rasbora memiliki warna badan yang cerah dengan bintik bintik kuning yang menyerupai galaxy dialam semesta.

  • Red Nose Tetra

 

Red Nose Tetra
Red Nose Tetra

Ikan red nose sangat cocok jika dipelihara secara banyak dalam aquascape, karena Red Nose Tetra suka bergerombol.  Ikan ini juga dikenal dengan nama ikan rummy nosed. Si hidung merah ini senang sekali memangsa cacing, udang dan pakan kering dan menyukai kualitas air yang jernih

  • Guppy

Guppy
Guppy

Ikan Guppy ini adalah ikan untuk aquascape yang cukup mudah pemeliharannya dan juga harganya sangat terjangkau. Bahkan tidak sedikit yang berhasil membuat ikan guppy ini berkembang biak didalam aquascape mereka. Jika tidak ada penggagu ikan guppy ini sangat mudah beranak.

Sebenarnya masih banyak ikan yang cocok untuk penghias aquascape . Namun ini adalah sebagian ikan untuk aquascape yang mudah kita jumpai di Toko Ikan Hias dan harganya juga sangat terjangkau. Saya sendiri sering menggunakan ikan aquascape ini sebagai pemanis pada aquarium tanaman yang saya miliki. Mungkin kedepannya  Artikel tentang ikan hias yang cocok untuk Aquascape ini akan saya update lagi supaya lebih lengkap.