Cara Membuat Diffuser CO2

Cara membuat diffuser CO2 yang akan kita bahas kali ini masih bertujuan dalam penghematan biaya, kenapa saya sebut menghemat biaya, karena kita tidak harus membeli Produk Diffuser yang saat ini sudah berada dipasaran atau istilahnya sudah di Produksi oleh pabrik. Pada saat ini sudah mulai banyak produsen-produsen yang memproduksi Diffuser Co2 yang berkualitas bagus dan dengan berbagai variatif pilihan.

Pilihan produk Diffuser sangat banyak saat ini contohnya seperti Glass Diffuser , atomic diffuser dan lain-lain dan semua produk Diffuser yang saya sebut tadi lebih baik digunakan dengan CO2 dalam tabung bertekanan,  kalau untuk DIY Co2 ( Do it Your Self) tekanan yang keluar tidak cukup kuat untuk mengeluar gas dengan menggunakan Diffuser yang sudah dibuat oleh fabrik tersebut.

Cara Membuat Diffuser CO2

Oleh karena tekanan Gas yang dikeluar oleh CO2 yang telah kita buat sebelumnya yakni bukan dengan CO2 yang dengan tabung bertekanan tidak cukup kuat untuk mengeluarkan Gas CO2 melalui difffuser yang sudah ada atau pabrikan, dalam artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat diffuser CO2.

Masih dalam Topik menghemat biaya untuk hobi kita yaitu Aquascape , bahan bahan yang akan kita pakai dalam membuat diffuser CO2 ini adalah bahan-bahan yang ada disekitar kita dan relatif murah harganya bahkan bisa saja gratis kalau kita menemukannya.

cara membuat diffuser CO2
cara membuat diffuser CO2

kenapa diffuser ini sangat penting dalam aquascape? diffuser Co2 ini digunakan agar Gas yang keluar dari selang silikon tidak keluar secara langsung didalam air sehinga mengeluarkan gelembung yang relatif besar tetapi dengan memakai diffuser co2 gelembung-gelembung gas co2 tersebut diuraikan menjadi gelembung gelembung kecil sehingga gas CO2 yang dikeluarkan akan lebih terlarut didalam air. Gas CO2 yang banyak terlarut didalam air ini lah yang menjadi tujuan pokok dalam memakai diffuser CO2, dengan banyaknya CO2 yang terlarut berarti kebutuhan tanaman untuk photosintesis juga menjadi lebih baik.

Bahan Yang diperlukan

  • Bekas Busa Rokok
  • gunting
  • selang silikon
  • sambungan selang silikon L

Cara Membuat Diffuser CO2 Sendiri :

  • Hubungkan Selang dari DIY CO2 yang telah kita buat sebelumnya, kalau belum tau silahkan baca artikel cara membuat DIY CO2 sederhana
  • potong sedikit selang dan sambungkan dengan sambungan selang silikon L ( lihat gambar)
  • pada ujung selang yang telah kita potong tadi masukan buka rokok secukupnya
  • terakhir silahkan lakukan uji coba apabila gelembung yang dihasilkan belum maksimal atau masih besar, silahkan perbanyak busa rokok untuk diffuser Co2 ini.

Walaupun hemat biaya diffuser buatan ini hasilnya bisa maksimal dan tidak menghilangkan tujuan pokok diffuser itu sendiri yaitu memperbanyak Co2 terlarut dalam air agar bisa dimanfaatkan oleh tanaman dengan baik.