Cara Membuat Aquascape Sederhana

Bagi anda yang ingin membuat aquascape namun tidak tahu harus mulai darimana , Mudah-mudahan lewat artikel ini bermanfaan bagi yang ini membuat aquascape. Cara membuat aquascape sederhana ini dibuat oleh aquascaper terkenal yaitu Oliver Knott dari NatureSoil Promotion from and with Oliver Knott at the Anubias Stand – Zoomark 2009. dan telah saya tambahkan beberapa keterangan untuk memudahkan dalam pembuatan aquascape

Cara membuat aquascape sederhana

Sebelum kita memulai membuat aquascape ada baiknya kita siapkan terlebih dahulu bahan bahan yang akan kita gunakan untuk membuat aquascape , seperti :

  • Aquarium
  • Lampu
  • Filter
  • Pasir / Soil
  • Pupuk Dasar / Pupuk Cair
  • Tanaman
  • Ikan
  • CO2 (Bisa membuat sendiri)
  • Kipas / Chiller (Jika diperlukan)

Jika belum ada untuk bahan-bahan tersebut bisa anda beli di toko perlengkapan ikan hias atau juga forum-forum aquascape biasanya disana banyak yang menjual barang-barang khusus untuk keperluan aquascape dari mulai tanaman aquascape, tools, pupuk dll. Kalau bahan sudah siap, mari kita langsung saja membuat aquascape dengan bahan bahan yang sudah disiapkan tadi.

Cara membuat aquascape sederhanaUntuk tahap pertama adalah dengan menyiapkan aquarium kosong, kemudian bersihkan dari kotoran yang menempel seperti debu dengan mengunakan kain. Dalam menyimpan aquarium usahakan alas yang menahanya bersifat lembut seperti spon atau styrofoam.

 

 

Cara membuat aquascape sederhanaTahap selanjutnya masukan soil sebagai media tanamnya. bagi anda yang ingin berhemat bisa juga menggunakan pasir sebagai pengantinya seperti pasir silika atau pasir malang namun pada bagian bawahnya harus memakai pupuk dasar sebagai sumber nutrisi bagi tanaman.

 

 

Cara membuat aquascape sederhanaUsahakan pasir jangan terlihat datar namun atur pasir agar terlihat natural dengan menambah kontur seperti ada effect bukit dan lembah. Untuk daerah bagian belakang biasanya lebih tinggi dari bagian depan hal ini bertujuan agar ketika dilihat dari depan tanaman belakang agar terlihat

 

 

Cara membuat aquascape sederhanaUntuk tahap selanjutnya masukan bahan pendukung seperti batu atau kayu, untuk peletakan batu perhatikan Vocal Point atau point utama, Point yang akan dilihat pertama kali oleh penikmat aquascape. silahkan baca artikel saya yang lainnya tentang panduan membuat gaya aquascape iwagumi untuk pemahaman lebih jauh tentang peletakan batu.

 

susunan batu dibuat naturalTambahkan batu kecil sebagai pemanis agar terlihat natural. batu kecil ini sangat penting agar batu point tadi tidak terlihat kaku. Atur posisi masing hardscape agar telihat senatural mungkin sampai dirasa sudah cukup untuk hardscapenya.

 

 

Jika posisi hardscape sudah pas, berarti ini saatnya kita untuk memasukan tanaman. Usahakan tanaman yang tumbuhnya rendah ditanam didepan dan tanaman yang tumbuhnya tinggi disimpan dibelakang. Jika belum tau masing-masing karakter tanaman bisa ditanyakan ke penjualannya. atau bisa gunakan mesin pencari google sebagai referensi. Tanaman yang digunakan setup kali ini adalah Hemianthus “cuba”, Staurogyne SP, Ultricularia Gramini “UG”, Rotala Rotundifolia. untuk penempatannya bisa dilihat digambar dibawah ini :

Cara membuat aquascape sederhana
Cuba sebagai Foreground
Cara membuat aquascape sederhana
Staurogyne Sp. sebgai Midground
Cara membuat aquascape sederhana
UG Sebagai Midground
Cara membuat aquascape sederhana
rotala sebgai background

 

Cara membuat aquascape sederhanaSetelah selesai kita menanam, sebelum kita memasukan air, masukan terlebih dahulu koran bekas sebagai penahan agar layout yang sudah kita buat tidak berubah saat kita masukan air. kalau tidak ada koran bisa juga menggunakan media penahan lainnya seperti plastik dll yang intinya bisa menahan air agar tidak merusak setup yang telah dilakukan sebelumnya.

 

angkat media penahanangkat koran tadi jika pengisian air sudah cukup. Hati-hati dalam mengangkat media penahan ini, jangan sampai menggangu tanaman yang kita tanaman, karena tanaman ini masih baru kita tanaman jadi tanaman sangat mudah mengambang

 

 

Cara membuat aquascape sederhana 13Bersihkan kotoran yang mengambang di atas, biasanya setelah kita melakukan setup ada beberapa daun yang patah akibat packing atau patah ketika proses tanaman dan juga kotoran dari media lain, seperti batu kayu atau pasir (yang sudah pernah dipakai sebelumnya). atau ada juga tanaman yang mengapung ini karena waktu menanam tidak cukup kuat memasukan akarnya ke soil / pasir. bersihkan saja!

 

Ini adalah hasil akhir dari pembuatan aquascape . pada tahap ini kita tinggal menunggu dan melakukan perawatan pada aquascape kita seperti mengganti air aquascape secara berkala dan pemberian pupuk cair agar tanaman pada aquarium tetap terjaga nutrisinya dan dengan begitu aquascape yang kita miliki tetap terjaga keindahannya. Bagi anda yang bermodal minim silahkan baca juga cara membuat aquascape murah.

Cara membuat aquascape sederhana 14

Masukan juga tool pendukung seperti lampu untuk pencahayaan dalam aquascape, Media Filter, CO2 untuk kebutuhan potosintesis dan juga tools-tools lainya seperti termometer, CO2 indicator, Fan / Chiller

Cara membuat aquascape sederhana
Cara membuat aquascape sederhana

Setelah beberapa minggu tanaman mulai tumbuh dan terlihat indah. Pada tahap ini perawatan harus tetap dilakukan agar hasilnya maksimal. namun intesitasnya tidak terlalu sering seperti pada awal pembuatan aquascape. karena pada tahap ini aquarium sudah mencapai keseimbangan secara alamiah atau lebih dikenal dengan istilah “mature” aquarium.