9 Jenis Tanaman Aquascape Yang Mudah dipelihara

Jika belum pernah melihat tanaman hias hidup di dalam Aquarium, Anda mungkin akan terkejut melihat betapa indah dan terasa hidup akuarium tersebut. Itu karena tanaman hias aquarium yang menggunakan tanaman asli bukan berfungsi sebagai aksesoris Aquarium saja tetapi juga sebagai filtrasi alami untuk air, membantu menjaga keshatan ikan, dan bahkan dapat membantu perkembangbiakan ikan.

Penggunaan Tanaman Air pada Aquarium sangat banyak manfaatnya terutama bagi ikan termasuk keamanan, kenyamanan, makanan, dan reproduksi, sehingga penggunaan tanaman ini sangat penting untuk setiap lingkungan akuarium yang sehat. Banyak informasi tentang jenis jenis tanaman aquascape diforum-forum aquascape atau di group-group facebook yang membahas aquascape tapi di sini saya akan memberikan informasi tentang 9 Jenis tanaman aquascape yang mudah dipelihara terutama untuk pemula, dan tanaman-tanaman air ini bisa tumbuh dengan cepat di berbagai kondisi air.

Tips Sebelum memulai menggunakan tanaman air untuk aquarium

Memang inginnya kita untuk bisa mengatur/menyeting segala sesuatu dalam aquarium pada hari yang sama, tetapi untuk melakukan hal tersebut bukanlah ide yang baik. Kita harus harus bersabar dan menunggu Aquarium melewati proses apa yang disebut cycling process, di mana kualitas air dan parameter belum stabil. Dengan proses seperti itu akan ada beberapa ikan yang bisa bertahan hidup. Inilah sebabnya mengapa penjual ikan yang sudah berpengalaman bisanya akan memberitahu kepada pembeli untuk menunggu beberapa waktu sebelum kita memasukan ikan kedalam aquarium.

Namun hal itu tidak berlaku untuk tanaman. untuk menanam tanaman aquascape kita tidak memerlukan menunggu cycling process. Kita bisa dengan bebas untuk memasukan tanaman setelah memasukan air baru kedalam aquarium. Dan ada baiknya jika kita memiliki peralatan untuk menaman yang benar agar terhindar dari kesalahan penanaman yang bisa membuat tanaman bisa rusak saat proses penanaman.

9 Jenis Tanaman Aquascape yang mudah dipelihara

Ada tiga kategori tanaman dalam aquascape yang harus anda ketahui yaitu: Tanaman untuk Foreground, Midground, dan Background. Dengan mengenal setiap kategori tanaman kita bisa menentukan posisi tanaman dengan begitu tanaman akan tumbuh jauh lebih efektif karena Setiap jenis membutuhkan berbagai jenis cahaya dan kriteria tertentu.

Foreground

Tanaman Foreground adalah tanaman yang biasa disimpan didepan aquascape kita. Umumnya tanaman karpet seperti Java Moss, Willow Moss, dan Water Wisteria cenderung akan tetap tumbuh rendah dan menyebar horizontal di dasar aquarium. Karena itu, tanaman ini sangat cocok kita simpan didepan. Tanaman ini juga sangat baik untuk kualitas air, karena mereka cenderung tumbuh dengan sangat cepat, dan dengan demikian menyaring banyak air.

1. Java Moss

Tanaman Air Aquascape Java moss
Gambar dari : Plantedtank.net

Java Moss adalah salah satu tanaman yang paling umum dan banyak digunakan dalam aquascape. Tanaman ini sangat mudah perawatannya dan mudah tumbuh bahkan bisa tumbuh dengan cepat . tanaman ini sangat cocok jika pasangkan ke batu atau kayu, dan tanaman ini akan terus merambat mengikuti kontur batu seperti lumut pada tanaman darat

2. Dwarf Baby Tears

Jenis Tanaman Aquascape Baby Tear
Gambar dari : Aquajaya.com

Baby Tears termasuk kedalam tanaman favorit saya. Tanaman ini termasuk kedalam jenis tanaman air yang sangat mudah tumbuh dan mudah diatur. Jika kebutuhannya terpenuhi akan ada Pearling, hal ini terjadi ketika Baby Tears banyak memproduksi oksigen, Pada baby tears akan muncul gelembung kecil yang indah yang terbentuk pada daun mereka.

3. Hairgrass

Tanaman Air Aquascape Hair Grass

Tanaman ini pasti sudah tidak asing lagi sudah banyak yang mengenal tanaman ini. Hargarss Ini akan terlihat indah jika diletakan bersebelahan dengan Batu, serta memiliki kontras yang sempurna dengan pasir atau substrat yang berwarna gelap. Hairgarss Ini sangat mudah untuk tumbuh.

4. Marsilea Minuta

Tanaman Air Aquascape Marsilea Minuta
Gambar dari : aquascapingaquarium.com

Menurut saya ini adalah tanaman karpet clasic , karena saat ini sudah jarang yang menggunakan tanaman ini . Padahal tanaman ini juga sangat bagus untuk dijadkan Foreground. Tanaman ini juga sangat mudah tumbuh

5. Amazon Sword

Tanaman Air Aquascape Amazon sword

Tanaman Amazon Sword ini sangat banyak dijual toko ikan hias walaupun bukan toko khusus aquascape sekalipun. Tanaman ini sangat mudah untuk dipertahankan, tumbuh cepat, dan dapat cukup indah bila diatur di daerah yang tepat. Tapi hati hati bahwa tanaman ini dapat tumbuh cukup besar, sehingga Amazon Sword paling sering ditanam di daerah pertengahan atau latar belakang.

6. Java Fern

Tanaman Air Aquascape Java fern

Java Fern termasuk kedalam Jenis tanaman Aquascape yang sangat mudah pemeliharaannya, dan memiliki tampilan yang unik yang menarik bagi sebagian besar aquascapers. Manfaat terbesar adalah kemampuannya untuk ditanam di hampir setiap area akuarium tanpa mengganggu dari hardscape itu. Hal ini juga terlihat cukup baik!

7. Anubias Nana

Tanaman air Aquascape Anubias Nana

Anubias Nana adalah salah satu tanaman midground yang paling menarik yang bisa anda temukan didunia aquascaping. Karena tanaman ini bisa mentolerir hampir semua kualitas air atau lingkungan. Dengan Ciri khas batang melengkung dan daun semi-bulat besar, Anubias nana ini adalah tanaman legend yang hampir semua aquascaper pernah memilikinya.

8. Echinodorus Tenellus

Jenis Tanaman Aquascape Echinodorus Tenellus

Saya berpendapat bahwa tanaman ini adalah tanaman yang sangat mudah tumbuh, dan sangat mudah dijadikan tanaman karpet. Jika Pencahayaan mencukupi tidak akan lama setelah tumbuhan ini ditanam akan muncul runner yang siap memenuhi aqurium anda.

selengkapnya tentang tanaman tenellus bisa dibaca disini : Tanaman Echinodorus Tenellus

9. Dwarf Sagittaria

Jenis Tanaman Aquascape Dwarf Sagittaria

Dwarf Saggitaria juga merupakan tanaman yang mudah dipelihara tetapi tanaman ini bisa cukup tinggi jika dijadikan sebagai tanaman karpet, sehingga sangat sempurna jika ditempat pada pisisi midground atau ditengah. Menempatkan Saggitaria sekitar batu atau kayu merupakan lokasi yang ideal, karena memberikan tempat yang sempurna untuk menyatu dengan kayu atau batu, dan merupakan pelengkap yang ideal.

Demikan beberapa tanaman aquascape yang mudah tumbuh, tinggal pilih mana jenis tanaman Air yang ada suka. Sekarang anda tidak akan bingung lagi mencari Tanaman air untuk Aquarium anda. Karena anda sudah mengetahui 9 Jenis Tanaman Aquascape yang mudah dipelihara.